Update Soal PPG Geografi dan Kunci Jawaban Bab Dinamika Penduduk - Gurugeografi.id
Loading...

Update Soal PPG Geografi dan Kunci Jawaban Bab Dinamika Penduduk

- May 19, 2019
Halo kawan-kawan guru geografi
se perjuangan yang dirahmati Allah SWT. Gimana nih yang sudah mulai PPG tentu teman-teman sudah mulai sibuk mengerjakan modul dari dosen atau masih nunggu panggilan. Kali ini saya akan berikan lagi contoh gambaran soal PPG Geografi bab dinamika kependudukan. 

Ingat soal PPG itu soal level hots lho, ya iyalah wong yang diujinya guru masa pakai soal yang cetek-cetak, iya ga?. Tapi gak papa yang penting sering membaca, berlatih dan pantang menyerah. Berikut ini contoh soal PPG terbaru dan contoh jawabannya.

1. Perhatikan gambar berikut ini
Fenomena antroposfer
Jelaskan fenomena pada gambar diatas!
Pembahasan:
Gambar diatas menujukkan sebuah fenomena penduduk yaitu arus migrasi di pelabuhan. Migrasi penduduk adalah perpindahan penduduk dari satu wilayah ke wilayah lain dengan tujuan tertentu. Salah satu fenomena migrasi masif yang terjadi di Indonesia adalah saat hari raya lebaran idul fitri. 

Penduduk perantau atau kaum urban akan melakukan migrasi kembali ke kampung halamannya untuk merayakan hari raya idul fitri bersama keluarga. Dampak dari fenomena ini adalah terjadinya kepadatan penumpang di beberapa lokasi seperti pelabuhan. 

Setelah setahun bekerja mencari nafkah di daerah perantauan, masyarakat kembali ke kampung halaman untuk bersilaturrahim dengan saudara mereka. Banyak diantara mereka yang membawa berbagai macam benda saat mudik mulai dari sembako, oleh-oleh dan lainnya. Mudik merupakan salah satu fenomena unik di Indonesia dan sudah menjadi tradisi tahunan masyarakat.

Fenomena mudik selalu berkaitan dengan kondisi sosial ekonomi dan infrastruktur perhubungan Indonesia dan diperkirakan mulai ada sekitar tahun 1920an. Di masa kolonial masyarakat sudah melakukan urbanisasi ke kota dan Batavia/Jakarta adalah salah satu tujuan utaman. Di kota yang baru tumbuh ini dibutuhkan banyak pekerja sehingga menarik banak orang dari daerah sekitarnya. Hal ini juga menjalar ke kota-kota lain yang menjadi pusat pertumbuhan.

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

 

Start typing and press Enter to search

close