Contoh RPP Geografi Abad 21 4C High Order Thinking - Gurugeografi.id

Contoh RPP Geografi Abad 21 4C High Order Thinking

- June 25, 2019
Menyusun lesson plan alias RPP itu memang gampang-gampang susah ya teman-teman guru, apalagi sekarang ada model terbaru RPP abad 21, hadeuh apa lagi tuh. Dalam PPG Daljab ini semua guru dibekali ilmu membuat RPP Jaman now Abad 21.

Lalu apa bedanya RPP Abad 21 dengan RPP sebelumnya. Yang jelas RPP Abad 21 ada elemen 4 C yaitu creative, collaborative, creative dan communicative. Waduh terus gimana dong, tambah bingung nih guru-guru Indonesia. Makanya melalui PPG Daljab ini saya juga mendapatkan suplemen ilmu terbaru alias update tentang bagaimana teknik menyusun lesson plan jaman now. Meski agak ribet di awal juga namun niatkan untuk menimba ilmu saja nanti akan terasa ringan.


Komponen RPP Abad 21
Apa perbedaan mendasar di RPP abad 21 ini?. 
Pertama kompetensi dasar terdiri dari 1 satu pasang KD memuat aspek pengetahuan dan keterampilan. Ini sudah ada di lampiran silabus geografi, tinggal kopas aja jadi se Indonesia pasti sama.

Kedua metode pembelajaran diarahkan pada saintifik method atau pembelajaran yang berpusat pada siswa alias student centre. Anda bisa memilih model-model belajar yang banyak mulai dari yang inquiry, problem based, cooperative jigsaw dan macam-macam lah, ada banyak sumbernya di internet juga.

Ketiga dalam langkah-langkah kegiatan pembelajaran harus memuat komponen 4C (Colaborative, Creative, Critical Thinking dan Communication). Dari mulai apersepsi juga harus pintar membuat pertanyaan pembuka yang membuat siswa tergugah untuk belajar dan bersifat kontekstual.

Keempat dari sisi penilaian beritpe autentik terdiri dari penilaian pengetahuan, sikap dan keterampilan. Semuanya punya rubrik masing-masing. Hmmm..gimana masih kuat jadi guru?.

Berikut contoh RPP Geografi Abad 21 4C kelas XI tentang materi dinamika penduduk. RPP contoh ini disusun untuk 1 pertemuan saja, dan ini hasil revisi dari dosen pembimbing saya saat daring online. Semoga bermanfaat. Untuk RPP full mungkin akan bertahap karena gempor juga kalau nyusunnya, butuh jam terbang. Jangan lupa like blognya dan share sebanyak-banyaknya ya. Tetap semangat guru Indonesia. Baca juga: Langkah penyusunan RPP Saintifik Abad 21

2 komentar

avatar

Halo. Saya inigin bertanya bagaimana menyusun rpp perKD, sepertti misalnya dlm kegiatan pembelajaran yg memuat pertemuan 1 smpe ke 4 (misalnya). Terima kasih

avatar

Pada dasarnya RPP memang disusun per KD bu. Satu KD itu nanti diturunkan menjadi beberapa indikator. Contoh dalam RPP saya diatas kan KD pertama tentang konsep geografi, nah indikatornya guru yang buat, saya buat ke dalam 3 pertemuan. KD sudah disediakan pemerintah..kita guru cuma turunkan dalam indikator-indikator..

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

 

Start typing and press Enter to search