Langkah-Langkah Menyusun RPP Model Saintifik Abad 21 - Gurugeografi.id

Langkah-Langkah Menyusun RPP Model Saintifik Abad 21

- June 27, 2019
Lesson plan alias rencana pelaksanaan pembelajaran alias RPP merupakan sebuah script pembelajaran yang akan dilakukan. Menyusun RPP yang baik butuh bekal ilmu dan jam terbang sehingga tidak asal kopas saja. Model RPP abad 21 adalah model saintifik. Model saintifik adalah pembelajaran yang membuat siswa untuk berfikir memecahkan sebuah permasalahan. Guru tidak lagi seorang orator tukang pidato di kelas, tapi kini menjadi sutradara alias fasilitator pembelajaran.

Guru jaman now adalah guru yang berbeda dan melek digital. Budaya guru abad 21 adalah mengubah konvensional kearah digital online. Tidak ada lagi ceramah full di kelas, ulangan kertas, tugas nulis di papan tulis. Semua diarahkan ke online seperti Ujian online, pembelajaran berbasis masalah kolaboratif, Diskusi online dll.
Langkah-Langkah Menyusun RPP Model Saintifik Abad 21

Berikut ini langkah-langkah penyusunan RPP saintifik abad 21
1. Menyiapkan bahan yaitu silabus, buku sumber yang relevan, sintak dari urutan model-model pembelajaran yang dipilih, menginventarisasi sumber belajar lain yang mungkin aplicabel dan bisa dimanfaatkan sebagai sarana pembelajaran. 

2. Setelah menyiapkan silabus dan bahan lalu: menganalisa silabus mengidentifikasi materi pembelajaran yang menunjang pencapaian kompetensi dasar (KD), menentukan tujuan mengembangkan pembelajaran, penjabaran jenis penilaian, menentukan alokasi waktu, menentukan sumber belajar.

3. Langkah pembelajaran model saintifik ada 5 yaitu: mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengomunikasikan. Kelima tahapan ini wajib muncul di RPP jadi kekhasan dari RPP abad 21 saintifik adalah pada kelima aspek ini bapak/ibu.

4. KD-KD diorganisasikan ke dalam 4 KI. KI -1 berkaitan  dengan sikap diri terhadap Tuhan. KI - 2 berkaitan dengan karakter diri dan sikap sosial.  KI - 3 berisi KD tentang pengetahuan terhadap materi ajar, sedangkan KI - 4 berisi KD tentang penyajian keterampilan.

KI - 1dan KI -2 harus dikembangkan dan ditumbuhkan melalui proses pembelajaran setiap materi pokok yang tercantum dalam KI - 3 maupun KI - 4 untuk semua mata pelajaran. KI - 1 dan KI - 2 tidak diajarkan langsung tapi indirect teaching pada setiap kegiatan pembelajaran. Baca juga: Contoh RPP Geografi Abad 21

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

 

Start typing and press Enter to search