Contoh Soal PPG Geografi Materi Bumi Sebagai Planet - Gurugeografi.id
Loading...

Contoh Soal PPG Geografi Materi Bumi Sebagai Planet

- 09 June
Loading...
Bagi teman-teman guru geografi yang sedang berjuang untuk lulus PPG silahkan belajar dengan sungguh-sungguh ya. Dimulai dari pre test sampai dengan daring dan PPL. Pengalaman membuktikan soal-soal PPG levelnya tinggi jadi kalau tidak terbiasa maka akan dirasa sulit. Jadi rajinlah diskusi, membaca dan berlatih soal. Berikut ini contoh latihan soal PPG Geografi materi bumi sebagai planet, semoga bermanfaat. 

Capaian Pembelajaran:
Mampu menguasai dan menerapkan konsep bumi sebagai pendukung kehidupan manusia

31.    Penyebab pembagian wilayah Indonesia menjadi 3 daerah waktu yang setiap daerahnya meliputi wilayah 7,5⁰ di sebelah barat dan di sebelah timur suatu bujur standar, terjadi akibat ...
A.    Bumi berotasi setiap hari selam 24 jam dan mengalami perputaran 360⁰
B.    Setiap derajat bujur mempunyai waktu tempuh dalam waktu 9 menit
C.    Bumi memiliki medan magnet terlemah dan rotasi paling lambat
D.    Memiliki lempeng tektonik yang aktif namun gravitasi terendah
E.    Terbentuk oleh pergerakan lempeng tektonik
Zona Waktu Indonesia
Pembahasan: Jawaban A
Bumi adalah planet ketiga dari delapan planet dalam tata surya. Diperkirakan usia bumi mencapai 4,6 miliar tahun. Jarak antara bumi dengan matahari adalah 149,6 juta kilometer. Bumimempunyai lapisan udara (atmosfer) dan medan magnet yang disebut (magnetosfer) yang melindungi pemukaan bumi dari angin matahari, sinar ultra violet, dan radiasi dari luar angkasa.

Lapisan udara ini menyelimuti bumi hingga ketinggian sekitar 700 kiiometer. Lapisan udara ini di bagi menjadi Troposfer, Straposfer, Mesosfer, Termosfer, dan eksosfer. Lapisan oxon setinggi 50 kilometer berada di lapisan straposfer dan mesosfer dan melindungi bumi dari sinar ultraviolet. 

Perbedaan suhu permukaan bumi adalah antara -70⁰C hingga 50ÂșC bergantung pada iklim setempat. Bumi mempunyai masa seberat 59.760 miliar ton dengan luas permukaan 510 juta kilometer persegi.
Garis lintang utara terletak di sebelah utara Bumi, sedangkan garis lintang selatan terletak di sebelah selatan Bumi. 

Besar lintang utara dan lintang selatan adalah 0⁰–90⁰. Perbedaan garis bujur menunjukkan perbedaan waktu di tempat tertentu. Sekali bumi berotasi dibutuhkan waktu 24 jam, dan semua tempat di permukaan bumi mengalami perputaran 360⁰. Dengan demikian, setiap derajat bujur ditempuh dalam waktu 4 menit.
24 jam / 3600 = 24 x 60 menit / 3600 = 4 menit
1 jam = 60 menit dan 1 putaran = 3600 detik

Jadi, perbedaan waktu antara dua tempat dengan perbedaan bujur 10 adalah 4 menit atau dalam 150 adalah 60 menit atau 1 jam. Oleh karena itu, perbedaan waktu antara dua daerah waktu yang berdampingan tersebut adalah 1 jam.

Bumi dibagi dalam wilayah meridian yaitu garis mempunyai tiga bujur standar yaitu 105°, 120°, dan 135° BT. Jika letak bujur standar di sebelah barat bujur 0°, waktunya dikurangi. Jika letaknya di sebelah timur 0° waktunya ditambah. 

Berarti, waktu lokal lingkar yang melewati kutub utara dan selatan. Tempat-tempat yang terletak pada garis meridian yang sama mempunyai waktu yang sama. Sebagai waktu pangkal ditetapkan waktu yang berlaku untuk meridian yang melewati Greenwich (Inggris) dan ditetapkan sebagai bujur 0°. Waktu pangkal ini dinamakan waktu Greenwich atau Greenwich Mean Time (GMT). Setiap garis bujur 15° atau kelipatan 15° disebelah timur atau sebelah barat bujur 0° ditetapkan sebagai bujur standar. 

Waktu pada bujur standar disebut waktu standar atau waktu lokal. Indonesia mempunyai tiga bujur standar yaitu 105°, 120°, dan 135° BT. Jika letak bujur standar di sebelah barat bujur 0°, waktunya dikurangi. Jika letaknya di sebelah timur 0° waktunya ditambah. Setiap daerah waktu kira-kira meliputi wilayah 7,5° di sebelah barat dan disebelah timur suatu bujur standar. Rotasi bumi mengakibatkan wilayah Indonesia terbagi menjadi 3 daerah waktu:

1)    Waktu Indonesia Bagian Barat dengan bujur standar 105° BT yang meliputi Sumatera, Jawa, Madura, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah.
2)    Waktu Indonesia Bagian Tengah dengan bujur standar 120° BT yang meliputi Sulawesi, Bali, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.
3)    Waktu Indonesia Bagian Timur dengan bujur standar 135° BT yang meliputi kepulauan Maluku dan Papua. Bujur 180° telah ditetapkan sebagai batas Penanggalan Internasional (International Date Line). Artinya, tanggal di belahan bumi timur (dari 0° sampai 180° BT) lebih dahulu 1 hari daripada tanggal di belahan bumi barat.

Rotasi bumi adalah salah satu peristiwa harian yang dilakukan oleh bumi sebagai palnet di tata surya. Rotasi bumi ini akan menjadi peristiwa harian di bumi. Akibat-akibat yang ditimbulkan dari rotasi bumi antara lain adalah sebagai berikut:
1.    Terjadinya siang dan malam
2.    Terjadinya perubahan waktu
3.    Bentuk bumi menjadi bulat dengan pepat di kedua kutubnya
4.    Terjadinya pembelokan arah angin
5.    Terjadinya gerak semu harian matahari
6.    Kalender masehi
7.    Pembagian waktu dunia
8.    Terjadinya perbedaan ketebalan atmosfer
9.    Terjadinya perubahan arah angin
10.    Adanya perbedaan percepatan gravitasi
11.    Terjadinya gaya coriolis
12.    Berfungsinya satelit buatan
13.    Terdapatnya jetlag apabila kita naik pesawat

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

 

Start typing and press Enter to search