Contoh Soal Pretest PPG Geografi Ketahanan Pangan, Industri, Energi Alternatif di Indonesia - Gurugeografi.id

Contoh Soal Pretest PPG Geografi Ketahanan Pangan, Industri, Energi Alternatif di Indonesia

- June 09, 2019

Oke teman-teman guru geografi se Indonesia, kali ini lanjut saya akan coba berikan contoh soal pretest PPG Geografi materi ketahanan pangan, industri, energi di Indonesia. Jangan lupa share dan kunjungi juga channel guru geografi di youtube. 

Indikator: Menganalisis potensi sumber energi alternatif
Materi Pokok: Ketahanan Pangan, Industri dan Energi Alternatif di Indonesia

36.    Salah satu ciri daerah yang dapat dimanfaatkan sebagai penghasil sumberdaya energi alternatif berupa pembangkit listrik tenaga angin adalah ...
A.    Dekat dengan pantai
B.    Berasal dari tiga arah angin
C.    Berada di wilayah indonesia bagian timur
D.    Kecepatan angin tahunan 3,4 -4,5 m/detik
E.    Dipengaruhi oleh angin orograļ¬s

Jawaban D Pembahasan:
Potensi sumber energi alternatif yaitu di luar minyak bumi:
1.    Biofuel, atau bahan bakar hayati adalah sumber energi terbarukan berupa bahan bakar baik padat, cair dan gas yang dihasilkan dari bahan-bahan organik. Sumber biofuel adalah tanaman yang memiliki kandungan gula yang tinggi seperti tebu dan tanaman yang memiliki kandungan minyak nabati yang tinggi sepeti kelapa sawit dan ganggang.

2.    Biomassa, adalah jenis energi terbarukan yang mengacu pada bahan biologis yang berasal dari organisme yang hidup atau belum lama mati. Sumber biomassa antara lain bahan bakar kayu dan limbah. Pembangkit listrik biomassa di Indonesia seperti yang saat ini telah berdiri di Gorontalo yang memanfaatkan tongkol jagung.

3.    Energi panas bumi, atau sering kita dengar sebagai geothermal adalah sumber energi terbarukan berupa energi thermal (panas) yang dihasilkan dan disimpan di dalam bumi. Energi panas bumi diyakini cukup ekonomis, berlimpah, berkelanjutan dan ramah lingkungan. Namun pemanfaatannya masih terkendala pada teknologi eksploitasi yang hanya dapat menjangkau disekitar lempeng tektonik.

4.    Energi air, adalah salah satu alternatif bahan bakar fosil yang paling umum. Sumber energi ini didapatkan dengan memanfaatkan energi potensial dan energi kinetik yang dimiliki air. Saat ini, sekitar 20% konsumsi listrik dunia dipenuhi dari pembangkit listrik tenaga air. Di Indonesia saja terdapat puluhan PLTA yang telah terbangun, seperti PLTA Singkarak (Sumatera Barat), PLTA Gajah Mungkur (Jawa Tengah), dan masih banyak lagi.
Pembangkit listrik angin di Sidrap Sulawesi Selatan
5.    Energi angin, atau bayu adalah sumber energi terbarukan yang dihasilkan oleh angin. Kincir angin digunakan untuk menangkap energi angin dan diubah menjadi energi kinetik atau listrik. Kecepatan minimal angin yang diperlukan yaitu kecepatan angin tahunan 3,4 -4,5 m/detik. Pemanfaatan energi angin menjadi listrik di Indonesia telah dilakukan seperti pada pembangkit listrik yang terdapat di Bantul, Yogyakarta.

6.    Energi matahari, atau surya adalah energi terbarukan yang bersumber dari radiasi sinar dan panas yang dipancarkan matahari. Pembangkit Listrik Tenaga Surya yang terdapat di Indonesia antara lain : PLTS Karangasem (Bali), PLTS Raijua, PLTS Nule, dan PLTS Solor Barat (NTT).

7.    Gelombang Laut, atau ombak adalah energi terbarukan yang bersumber dari dari tekanan naik turunnya gelombang air laut. Indonesia sebagai negara maritim yang terletak diantara dua samudera berpotensi tinggi memanfaatkan sumber energi dari gelombang laut. Sayangnya sumber energi alternatif ini masih dalam taraf pengembangan di Indonesia.

8.    Pasang Surut Air Laut, adalah energi terbarukan yang bersumber dari proses pasang surut air laut. Terdapat dua jenis sumber energi pasang surut air laut, pertama adalah perbedaan tinggi rendah air laut saat pasang dan surut. Yang kedua adalah arus pasang surut terutama pada selat-selat yang kecil. Layaknya energi gelombang laut, Indonesia memiliki potensi yang tinggi dalam pemanfaatan energi pasang surut air laut. Sayangnya, sumber energi ini belum termanfaatkan.

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

 

Start typing and press Enter to search

close