Trik Menjawab Soal Diskusi Daring PPG Daljab - Guru Geografi
News Update
Loading...

Selasa, Juni 18

Trik Menjawab Soal Diskusi Daring PPG Daljab

Baiklah teman-teman sekalian kali ini saya akan berikan sedikit tips bagaimana menjawab soal diskusi daring PPG Daljab 2019. 

Seperti yang sudah diketahui bahwa program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan adalah program pemerintah dalam rangkat meningkatkan kualitas guru di Indonesia sehingga outcome yang dihasilkan akan meningkatkan hasil belajar peserta didik dan guru itu sendiri.

Nah saat mengkuti daring PPG tentu akan ada banyak tugas yang wajib diselesaikan bukan?

Dan salah satu tugas yang diperhitungkan adalah diskusi, jadi jangan sampai kamu tidak mengerjakannya dengan baik. Berikut ini tips mengerjakan soal diskusi di daring PPG.
Menjawab diskusi daring PPG

1. Baca teori di modul dulu
Sebelum mengerjakan topik diskusi, bacalah modul yang terkait materi pertanyaan. Jadi jawaban anda nyambung dan tidak keluar dari teori yang ada di modul. Boleh menjawab dengan nalar tapi harus tetap sesuai konteksnya.

2. Gunakan bahasa yang baku
Gunakanlah bahasa yang baku, resmi saat menjawab pertanyaan instruktur daring diskusi PPG. Jangan menggunakan bahasa nyeleneh dan urakan sehingga menurunkan derajat anda sebagai pendidik. 

3. Jangan asal kopas materi
Seringkali dijumpai peserta yang kopas materi ke kolom komentar, hal ini dapat dilihat dari format huruf yang berbeda dengan di daring. Jadi kalaupun mau kopas, anda paste dulu di notepad baru anda kopas ke kolom komentar sehingga tidak akan cak-acakan.

4. Jawaban harus relevan dengan pertanyaan
Ada juga beberapa peserta yang menjawab soal tidak relevan dengan pertanyaan. Misal pertanyaan tentang pengembangan kompetensi guru lalu akhirnya nyambung ke politik hingga Jokowi dan lainnya. Dunia pendidikan harus bersih dari kepentingan politik jadi jauhi hal tersebut, fokus pada materi formal kependidikan. 

5. Aktif menanggapi komentar peserta lainnya
Nah in ijuga penting, jadi anda harus bisa memberikan feedback juga terhadap komentar peserta lain. Ini yang membuat diskusi daring PPG hidup, dan lebih penting lagi menambah penilaian nanti. Jadi jangan ragu untuk saling timpa komentar satu sama lain.
Baca juga: Kunci Quiz Formatif M1 K1

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close