Geografi Kelas 12: Fungsi Peta dan Proyeksi Peta - Gurugeografi.id
Loading...

Geografi Kelas 12: Fungsi Peta dan Proyeksi Peta

- July 11, 2019
Bumi adalah planet berbentuk bulat namun bentuk bulat tersebut bisa dibuat datar dengan menggunakan proyeksi peta. Peta kini sudah menjadi sebuah kebutuhan yang vital bagi masyarakat. Peta adalah sumber informasi spasial yang saat ini telah banyak dimanfaatkan berbagai kepentingan.

Peta bukan lagi sesuatu yang asing dalam kehidupan masyarakat modern. Pemanfaatan peta tidak lagi terbatas pada masalah akademis, namun telah termanfaatkan dalam keseharian bagi banyak orang. Kita kalau pesan ojek online saja pasti buka peta.

Meluasnya fungsi dan peran peta dalam kehidupan sangat terpicu oleh perkembangan teknologi digital dan internet yang semakin mudah diakses oleh setiap orang (Kraak, 2004). Dengan berkembangnya metode proyeksi peta saat ini sudah banya variasi bentuk-bentuk peta.
Fungsi peta dalam kehidupan
Fungsi awal sebuah peta lebih pada fungsi penampil data dan penyimpan data.Fungsi penampil data ditunjukkan seperti pada peta referensi. Peta difungsikan untuk menampilkan informasi secara spasial. Penggunaan peta-peta ini lebih pada proses pencarian informasi lokasi atau informasi tematik tertentu. 


Fungsi penyimpanan data ditujukan untuk mendukung indeks data dan analisis spasial.
Kraak (2004) menunjukkan bahwa perkembangan teknologi internet dalam bentuk web telah mendorong pergeseran fungsi tradisional dari peta tersebut. Fungsi peta digital pada web dapat ditujukan untuk pengindeks informasi spasial, alat pencarian data, dan visualisasi spasial awal dalam proses pengunduhan informasi. 


Kemampuan interaktif pada web memungkinkan peta digital menjadi sumber informasi yang sangat bermanfaat.Kemanfaatan ini tidak hanya sekedar penampil informasi namun dalam beberapa hal sekaligus merambah pada fungsi matematis dan analisis yang kompleks.

Fungsi selanjutnya adalah peta digunakan sebagai sarana navigasi dari sarana transportasi baik di darat, laut ataupun udara.Hal ini banyak dicontohkan pada berbagai aplikasi transportasi online ataupun sistem autopiloting pada pesawat terbang.Kekinian informasi yang terkandung pada peta untuk fungsi- fungsi ini menjadi satu hal yang sangat penting.

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

 

Start typing and press Enter to search

close