Tips Lulus UKIN (Uji Kinerja) PPG Daljab - Gurugeografi.id
Loading...

Tips Lulus UKIN (Uji Kinerja) PPG Daljab

- October 24, 2019
Assalamualaikum wr wb teman-teman guru, sudah lama nih saya tidak cerita tentang kegiatan sertifikasi alias PPG Daljab karena kesibukan luar biasa. Beberapa hari ini karena sudah UKIN maka kegiatan udah agak longgar jadi bisa ngeblog lagi.

Oke kali ini saya akan coba berikan tips menghadapi UKI atau Ujji Kinerja PPL PPG Daljab. Uji Kinerja adalah salah satu ujian praktik mengajar di sekolah mitra PPG Daljab. Uji Kinerja dilakukan setelah 3 minggu praktikan mengajar di kelas.

Lalu seperti apa sih UKIN itu dan bagaimana cara penilaiannya?. Pada dasarnya UKIN itu anda mengajar lalu dinilai langsung oleh dosen dan guru penguji yang sudah memiliki kapabilitas untuk menguji. JIKA anda selalu mengajar dengan baik di kelas/sekolah saya yakin UKIN tidak menjadi masalah, paling grogi-grogi dikit masih ada karena yang namanya diuji ya pastinya beda atmosfir.
UKIN PPG Daljab Geografi
Berikut ini tips dari saya bagi kalian yang sedang akan menghadapi UKIN, semoga bermanfaat.
1. Jaga Kesehatan
Nah ini guys yang pasti kalian utamakan, jaga kesehatan. Jangan sampai esok UKIN lalu anda begadang semalaman sebelumnya buat beresin itu perangkat KBM. Usahakan beres 2 hari sebelumnya, dan kalaupun H-1 masih ada pekerjaan maka jangan sampai larut malam, dijamin esok akan KO. 

Banyak teman saya seperti ini, jadi manajemen waktu adalah suatu hal krusial. Sebagus apapun perangkat pembelajaran, kalau manusianya (pengelola) KO ya di kelas juga akan KO. Jadi jangan main-main dengan kesehatan.

2. Persiapkan Perangkat Pembelajaran Terbaik
Saat UKIN, pastikan anda siapkan materi belajar yang paling dikuasai. Kan hanya satu pertemuan saja, jadi gak sejalan dengan kurikulum sekolah juga gpp. Kalau saya sih begitu. Aplikasikan apa yang dipelajari saat workshop dengan baik, mulai dari perencanaan RPP, pemilihan kata dalam indikator, media, metode, sintak belajar, evaluasi dan lainnya. Pokonya harus lengkap karena penguji sangat detail baca itu RPP. 

Di akhir sesi juga saat refleksi tetap masih ada kesalahan, tapi kalau saya sih yang penting 80% komponen RPP dan pembelajaran terlaksana baik itu udah good lah. Pokonya jangan sampai ada hal dalam RPP yang tidak dilaksanakan di saat UKIN. Karena teman saya juga karena RPP kopas tidak diedit jadi ketahuan. Ingat RPP itu dibaca ya oleh penguji, jadi tolong benar-benar diperhatikan.

3. Komunikasi Dengan Dosen/Guru Penguji
Silahkan konsul dengan dosen dan guru penguji agar RPP anda semakin baik dan semakin cetar membahana. Dengan begini kita tahu apa keinginan penguji sehingga bisa kita siapkan. Jangan sungkan pokonya untuk mendatangi dan diskusi dengan guru pamong/dosen penguji anda.

4. Diskusi Dengan Teman Seperjuangan
Salah satu penyemangat kita adalah teman seperjuangan PPL PPG. Silahkan bangun komunikasi, saling menguatkan dan diskusi model belajar terbaik dengan rekan-rekan anda, karena siapa lagi yang bisa membantu selain teman anda. Jangan ada yang individual, tapi kolaborasi.

Di akhir sesi UKIN biasanya akan ada refleksi dan kita akan diberitahu kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi biasa saja dan oleh sebab itu makanya anda harus pahami setiap kegiatan belajara dari mulai pembuka, inti sampai penutup. Ikuti sesuai instrumen penilaian yang sudah diberikan saat workshop. Untuk tips lengkapnya tentang pembuatan RPP dan kegiatan belajar, akan saya upload di postingan selanjutnya dan di channel youtube. Pastikan like dan follow blog ini!.

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

 

Start typing and press Enter to search

close