Tips Lulus Uji Pengetahun (UP) PPG Daljab - Gurugeografi.id
Loading...

Tips Lulus Uji Pengetahun (UP) PPG Daljab

- November 03, 2019
Halo teman-teman guru sebangsa se tanah air, gimana nih udah siap UP?. UP alias Uji Pengetahuan adalah salah satu tes uji terakhir dalam program sertifikasi guru atau pendidikan profesi guru. Nah UP ini adalah salah satu yang paling krusial dan wajib ditaklukan.

Sebelumnya anda tentu sudah melaksanakan tes Uji Kinerja alias Ukin di sekolah mitra. Nah bagaimana lalu dengan UP ini?. Adakah trik khusus mengerjakannya?. Saya akan berikan sedikit tips saja supaya anda tidak grogi dan khawatir berlebihan dalam mengerjakan soal ini karena anda seorang guru yang udah sering menyampaikan materi di kelas.
Tips Mengerjakan Soal UP PPG
Berikut ini tips mengerjakan soal UP PPG dengan mudah.
1. Jaga Kesehatan
Nah yang pertamakali harus anda siapkan tentu adalah kesehatan. Tidak mungkin anda bisa mengerjakan soal UP jika anda sakit bukan?. Jangan sampai anda begadang terlalu lama sehari sebelum UP, dijamin saat mengerjakan soal akan chaos.

Ingat ada orang yang tidak belajar, tapi karena saat tes ia sehat dan rileks maka bisa berfikir mencari jawaban dengan benar. Beda dengan yang belajar mati-matian sampai hari H sakit maka udah pasti akan sulit berfikir. Jadi kesehatan hati dan pikiran adalah kuncinya.

2. Download Kisi-Kisi
Download kisi-kisi dan latihan soal yang ada di web sergur, pelajari dengan sebaik-baiknya. Karena soal-soal gak jauh beda karakternya dengan di kisi-kisi. Semakin anda memahami pola soal maka akan semakin baik dalam mengerjakannya nanti.

3. Buka Latihan Formatif di Daring
Nah soal-soal UP itu mirip bahkan ada yang sama dengan soal formatif di modul daring profesional. Jadi buka lagi latihan-latihan soal tersebut untuk mengingat kembali soalnya. Saran saya jangan terlalu belajar teori-teori belajar pedagogik karena gak bakalan keluar. Soal UP bertipe studi kasus jadi bukan teoritis khusus yang pedagogik.

Jadi anda akan diminta untuk memilih jawaban seideal mungkin sesuai kompetensi anda sebagai guru. Jadi gak usah takut, kan anda sering menjumpai masalah-masalah itu di sekolah jadi pasti paham gak belajar juga. Contoh soal UP gini "Anda ditunjuk sebagai ketua kegiatan outdor learning di sekolah, tapi pas hari H ada anggota keluarga yang terkena musibah. Apa yang anda lakukan?". Pasti tahu kan, jadi gak usah khawatir. Perbanyak latihan soal profesional aja.

4. Sesi Diskusi
Nah jangan belajar sendiri-sendiri ya, gabung di grup WA atau lainnya dengan teman-teman anda se perjuangan. Diskusilah sebanyak-banyaknya untuk menambah wawasan antar teman. Ini sangat bermafaat saat mengerjakan soal UP. Kalau perlu hubungi dosen untuk adakan sesi diskusi bareng.

5. Berdoa
Nah yang terakhir setelah ikhitiar adalah tawakal. Berdoalah kepada Tuhan agar urusan anda dapat dikerjakan dengan baik dan mendapat pertolongan dari Tuhan. Jangan lupa juga sedekah kepada yang membutuhkan agar hati anda tenteram dan bisa jadi menjadi jalan memperlancar rezeki anda. Jangan lupa habis lulus PPG dan dapat sertifikasi untuk traktir teman-teman anda.

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

 

Start typing and press Enter to search

close