Mengapa Kelapa Tumbuh Subur di Daerah Pesisir? - Guru Geografi
News Update
Loading...

Selasa, November 5

Mengapa Kelapa Tumbuh Subur di Daerah Pesisir?

Halo teman-teman sekalian, kali ini saya coba berikan menu baru di blog ini yaitu tentang mengapa?. 

Ya, pertanyaan mengapa adalah pertanyaan hots yang memerlukan jawaban detail. Tentunya ada banyak fenomena geosfer yang sangat menarik diulas.

Kali ini kita akan bahas tentang pohon kelapa. Kelapa adalah salah satu pohon yang semua bagian tubuhnya dapat dimanfaatkan dari mulai buah, daun, batang hingga serabut kelapanya. 

Kelapa umumnya banyak dijumpai di pinggir pantai atau pesisir. Namun kelapa juga bisa tumbuh di daerah dataran tinggi, tapi kandungan isi buahnya tentu akan berbeda dengan yang di dataran rendah. Mengapa demikian?.

Kelapa pada umumnya tumbuh dengan baik pada daerah sedikit asin. Kelapa juga tumbuh di daerah bukan pantai. Kelapa awalnya berasal dari kepulauan Pasifik dan bijinya kemudian tersebar melalui arus laut ke berbagai daerah di bumi. 

Berikut ini kondisi daerah yang cocok untuk tumbuh kembang pohon kelapa:
1. Tanah berpasir halus
2. Suhu hangat sekitar 30 derajat C
3. Kelembaban tinggi
4. Curah hujan tinggi
5. Benih menyebar dengan bantuan gelombang laut
6. Perairan air asin
Syarat hidup pohon kelapa
Kelapa adalah tumbuhan tipe palm yang berbuah sepanjang tahun. Kelapa tumbuh baik di daerah tropis lembab dataran rendah pesisir hingga 1000 mdpl. 

Kelapa banyak dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan mulai dari bahan baku bangunan, minyak, minuman, santan hingga minyak kelapa.

Angin sangat berperan penting dalam penyerbukan kelapa dan transpirasi. Tumbuhan kelapa tumbuh baik di dataran rendah 0-400 mdpl sementara jika diatas 400 mdpl maka kelapa akan berbuah lambat, produksi sedikit dan kadar minyaknya rendah.

Jenis tanah yang cocok untuk tumbuh kembang kelapa antara lain aluvial, vulkanik, laterit, tanah liat, tanah berbatu. 

Kelapa membutuhkan kandungan air tanah yang sama dengan laju evapotranspirasi dengan solum tanah 80-100 cm dan kemiringan lereng 0-3%.

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close