Contoh Kata Pengantar Skripsi, Tesis Singkat Semua Jurusan

- 14 January
Kata pengantar biasanya ditulis di awal sebuah laporan ilmiah seperti makalah, skripsi, tesis, desertasi. Membuat kata pengantar karya ilmiah sebenarnya tidak sulit bagi yang biasa menulis, namun bagi yang awam dan jarang menulis maka pasti bingung mencari-cari kata apa yang akan dimuat dalam kata pengantar tersebut.

Kata pengantar ditulis tidak lebih dari 1 halaman jadi harus singkat padat dan jelas. Kata pengantar tidak perlu bertele-tele dan mencantumkan hal tidak penting jadi pastikan kamu paham maksudnya. Apa yang harus ditulis dalam sebuah kata pengantar?. Ada setidaknya 4 poin utama sebuah kata pengantar tulisan yaitu:
 
Kata Pengantar Skripsi

1. Ungkapan syukur kepada Tuhan
2. Tujuan pembuatan karya tulis
3. Ungkapan terimakasih kepada pihak-pihak terkait yang berkontribusi dalam pembuatan karya tulis
4. Penutup

Berikut ini contoh kata pengantar dalam karya tulis geografi.

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rezeki dan karuniaNya sehingga skripsi ini dapat diselesaikan tepat waktu. Solawat dan salam senantiasa tercurah kepada Rasulullah SAW yang telah membawa umat manusia dari zaman kegelapan ke zaman kecerahan yang penuh berkah dan limpahan ilmu. Skripsi ini disusun untuk memenuhi salah satu syarat menyelesaikan studi S1 Pendidikan Geografi di Universitas Macan Tutul Indonesia.

Penulis menyadari sepenuhnya bahwa dalam proses penyusunan skripsi ini terdapat pihak-pihak yang telah mendukung baik secara moril maupun materil. Sehubungan dengan hal tersebut penulis menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada:

1. Kedua orang tua tercinta yaitu Ibunda Siti Zainah dan Ayahanda Mastur yang sentiasa mendukung baik moril, materil dan doa setiap saat tanpa henti kepada penulis.
2. Bapak Dr. Bla Bla selaku Dekan Fakultas Geografi Universitas Macan Tutul Indonesia.
3. Bapak Dr. Bla Bla selaku Ketua Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Macan Tutul Indonesia.
4. Ibu Dr. Bla Bla dan Bapak Dr. Bla Bla selaku Pembimbing 1 dan Pembimbing 2 yang telah berkenan memberikan arahan dan masukan selama penulisan skripsi.
5. Seluruh staf Dosen Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Macan Tutul Indonesia yang telah memberikan ilmu dan wawasan kepada penulis selama proses kuliah.
6. Seluruh teman dan sahabat satu angkatan kelas B Pendidikan Geografi yang telah bersama-sama melalui masa kuliah dengan penuh kegembiraan dan kebersamaan.
7. Seluruh staf di Universitas Macan Tutul Indonesia yang turut membantu penulis selama proses perkuliahan dan penyusunan skripsi.
8. Pihak-pihak lain yang tidak bisa disebutkan satu per satu.

Penulis sadar bahwa skripsi ini masih memiliki banyak kekurangan dan jauh dari sempurna karena keterbatasan ilmu yang dimiliki penulis. Kritik dan saran yang bersifat membangun diharapkan dari rekan-rekan untuk perbaikan kedepannya. Semoga skripsi ini dapat memberikan manfaat bagi penulis dan masyarakat umumnya khususnya yang berkecimpung di keilmuan geografi.

Majalengka, 18 Agustus 2020
Penulis


Jamrong Buas Galak

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

 

Start typing and press Enter to search

CLOSE ADS
CLOSE ADS