Contoh Soal UNBK Geografi 2020 Tipe HOTS Litosfer - Guru Geografi
News Update
Loading...

Rabu, Januari 8

Contoh Soal UNBK Geografi 2020 Tipe HOTS Litosfer

Soal unbk geografi pada dasarnya adalah soal-soal standar dengan komposisi 60% soal mudah dan sisanya menengah dan hots. 

Kali ini saya bagikan contoh soal UNBK level hots dari 3 tahun terakhir yang memiliki daya serap siswa yang rendah.

Artinya soal ini paling banyak yang tidak bisa dijawab oleh siswa alias salah. Materinya adalah tentang perkembangan bumi. Bagi siswa yang daya nalarnya rendah maka pasti akan kesulitan memahami soal di bawah ini. 

Faktornya adalah siswa belum paham konsep fenomena geosfer dan belum mampu menganalisis keterkaitan lokasi sesar/patahan yang ada di Indonesia.

Jadi kombinasi teori dan wawasan lokasi mutlak diperlukan oleh siswa dan harus sering baca fenomena kekinian dan latihan soal. Perhatikan soal berikut ini:
Soal HOTS Geografi Dinamika Litosfer

Perhatikan 3 tipe soal diatas yang merupakan soal materi litosfer 3 tahun terakhir. Pola soal sama hanya pertanyaan saja yang diarahkan berbeda. Saya akan ulas kunci jawaban soal hots satu per satu.

Tahun 2017
Gambar pada soal menunjukan fenomena geosfer berupa lipatan permukaan bumi. Lipatan ini bisa terjadi karena adanya tekanan yang berasal dari gaya endogen. Lipatan pegunungan contohnya Pegunungan Himalaya yang merupakan hasil tabrakan lempeng Eurasia dan India. Jadi lipatan pegunungan pada gambar adalah hasil lempeng yang bertabrakan atau konvergen.

Tahun 2018
Gambar menujukan lempeng yang saling berpapasan aliasn transform, dari arah panah pun dapat kelihatan. Dampak yang ditimbulkan dari adanya gerak transform adalah terbentuknya sesar mendatar.

Tahun 2019
Gambar menunjukan batas lempeng yang saling berpapasan atau transform. Pertanyaan kali ini diarahkan untuk mengidentifikasi wilayah Indonesia yang terdapat sesar yaitu Sesar Palu Koro di Sulawesi Tengah. Soal biasanya menunjukan fenomena update alias kekinian, jadi di akhir tahun 2018 terjadi gempa dan tsunami karena pergerakan sesar Palukoro di Sulawesi Tengah.

Itulah contoh variasi soal hots geografi unbk materi dinamika litosfer. Jadi perhatikan pola soal dan terus berlatih, pasti kamu akan bisa dan paham dengan sendirinya. Jangan lupa share ke teman-teman lain.   

Lanjut>>>Soal hots litosfer part 2

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close