Soal UNBK Geografi HOTS Daya Serap Rendah (Litosfer)

- 09 January
Halo kawan-kawan semuanya, masih semangat untuk belajar geografi kan dengan blog gurugeografi?. Kali ini lanjut lagi kita akan coba berikan contoh soal hots unbk geografi dengan daya serap rendah 3 tahun sebelumnya. 

Soal geografi di unbk pada dasarnya mayoritas tipe soal mudah dna yang sulit hanya 30% saja. Soal kali ini masih tentang dinamika litosfer. Nampaknya siswa kita masih belum memahami fenomena geosfer dengan baik khususnya tentang tenaga endogen dan eksogen. Perhatikan 3 soal unbk geografi tipe hots berikut ini.
Soal unbk level hots dinamika litosfer
Nah untuk menjawab ketiga soal tersebut maka kamu wajib memahami tentang proses siklus batuan dan fenomena tenaga endogen dan eksogen. Jika kamu tidak paham konsep ini maka akan kesulitan menjawabnya. Kita bahas satu per satu ya.

Tahun 2017
Gambar di soal menunjukan salah satu fenomena di gua kapur yaitu stalaktit dan stalagmit. Fenomena ini dihasilkan oleh aktifitas eksogen berupa pengikisan dan pendendapan. Kapur yang mengalai erosi oleh air kemudian larut dan akhirnya mengendap di dinding gua menghasilkan bentukan seperti pada gambar. Stalaktit menggantung dari atas gua sementara stalagmit tumbuh dari dasar gua.

Tahun 2018
Gambar menunjukan proses siklus batuan. Batuan angka 3 adalah batuan sedimen. Perubahan dari batuan 2 (beku) ke batuan 3(sedimen) dihasilkan oleh pengangkutan dan pengendapan (eksogen).

Tahun 2019
Gambar menunjukan siklus batuan, tapi kali ini diminta menunjukkan contoh batuan. Tanda x adalah proses eksogen yaitu erosi, pengangkutan dan sedimentasi maka jenis batuan yang tepat adalah batupasir. Gabro, granit, obsidian dan batuapung termasuk batuan beku. Untuk lebih lengkpanya mengenai siklus batuan silahkan cek diagram di bawah. Lanjut>>>Soal daya serap rendah atmosfer UNBK
Siklus batuan dan prosesnya

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

 

Start typing and press Enter to search

CLOSE ADS
CLOSE ADS