Loading...

Soal UNBK Geografi Atmosfer Daya Serap Rendah

- 09 January
Loading...
Kali ini kita lanjut lagi bahas soal unbk geografi tipe hots yang punya daya serap rendah di tahun sebelumnya. Salah satu materi yang ternyata dianggap sulit dari hasil analisa soal unbk adalah dinamika atmosfer. Ada banyak konsep-konsep yang wajib dikuasai dalam materi dinamika atmosfer.

Atmosfer merupakan lapisan selubung bumi berupa gas-gas yang memiliki sifat dan fungsi masing-masing. Fenomena atmosfer sangat erat dengan cuaca dan iklim. Kamu harus memahami tentang unsur-unsur cuaca dan iklim. 

Siswa yang daya nalarnya tidak tinggi akan kesulitan dalam memecahkan soal diatas. Artinya siswa belum mampu memahami konsep dasar cuaca dan iklim dan karakteristik hujan. Berikut penjelasannya.

Pembahasan unbk hots atmosfer
Tahun 2017
Dalam soal dicantumkan paragraf yang menjelaskan sebuah proses hujan karena adanya mass udara di daerah tropis yang naik kemudian membentuk awan dan hujan. Hujan ini adalah hujan zenital atau konvektif. Kata kunci hujan konvektif atau zenital adalah pertemuan dua massa udara hangat yang naik kemudian mengalami kondensasi.

Tahun 2018
Soal ini mencantumkan ciri-ciri sebuah proses hujan. Kata kunci sebenarnya ada pada daerah tropis yang biasa terjadi hujan zenithal atau konvektif.

Tahun 2019
Soal ini mencantumkan beberapa deskripsi ciri-ciri hujan lalu siswa diminta menentukan ciri yang sesuai dengan hujan konvektif. Hujan konvektif adalah hujan yang terjadi karena pertemuan dua massa udara hangat lalu naik. Nah sebenarnya jika bingung bisa dengan mengeleminasi jawaban yang salah dan paling mudah dikenali yaitu (4) terjadi di lereng gunung, ini adalah hujan orografik. Jadi pilihan jawaban pasti antara pilihan A dan C. Jawabannya adalah A. 1, 2 dan 3. Baca juga: Pengertian hujan zenital, orografik dan frontal

Lanjut>>>>Soal HOTS Sebaran SDA 
 

Start typing and press Enter to search