Soal UNBK Hots Geografi Sebaran Sumber Daya - Guru Geografi
News Update
Loading...

Senin, Januari 13

Soal UNBK Hots Geografi Sebaran Sumber Daya

Halo teman-teman sekalian, kali ini lanjut kita akan bahas contoh soal unbk geografi yang daya serapnya rendah di tahun lalu. 

Materinya seputar sumber daya alam dan sebarannya. Sumber daya alam adalah segala sesuatu di alam yang bisa didayagunakan untuk kesejahteraan hidup manusia.

Dalam materi geografi kelas 11, materi sumber daya alam akan dipelajari dari sisi sebaran, jenis sampai pemanfaatannya. Perhatikan jenis soal berikut ini.
Soal UNBK Sebaran SDA
Siswa yang tidak memiliki wawasan dan daya nalar keruangan cukup baik pasti akan kesulitan saat mengerjakan soal diatas. Kegiatan yang perlu dilakukan siswa adalah membuat peta sebaran sumber daya alam sehingga diharapkan mampu mendapatkan wawasan keruangan yang baik.

UNBK 2017
Wilayah bertanda X adalah Sumatera Utara dan yang Y adalah wilayah Kalimantan Selatan. Jawabannya adalah minyak bumi dan batubara.

UNBK 2018
Wilayah bertanda angka 1 adalah Kalimantan Timur dan wilayah bertanda 2 adalah Sualwesi Barat. Jawabannya adalah minyak bumi dan bijih besi. Kenapa tidak aspal?. Karena aspal adalah di Buton Sulawesi Tenggara. Posisi angka 2 ada pada wilayah Sulawesi Barat.

UNBK 2019
Wilayah bertanda P adalah Papua yang artinya adalah tambang emas dan tembaga milik Freeport. 

Jadi untuk menguasai soal ini tidak ada cara lain selain kamu rajin membuat dan melihat peta sebaran SDA di tiap pulau Indonesia. Semakin sering dilihat pasti kamu akan paham dengan sendirinya.

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close