Nominal Tunjangan Profesi Guru Negeri dan Swasta

- 15 January
Halo teman-teman sekalian sebangsa dan se tanah air Indonesia, bagaimana kabarnya hari ini?. Semoga sehat selalu dan senantiasa produktif menjalani hari. Kali ini kita akan sedikit mengulas topik tunjangan profesi guru alias sertifikasi yang tentunya diidam-idamkan oleh guru.

Hal paling penasaran tentu adalah berapa sih besar nominal tunjangan profesi guru itu?. Apakah berbeda antara guru negeri dengan guru swasta?. Sebelum melihat nominalnya, ijinkan saya sedikit memberikan gambaran singkat tentang proses sertifikasi alias Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang diselenggarakan pemerintah.

Alhamdulilah saya baru saja lulus PPG di akhir tahun 2019 di UPI Bandung. PPG itu adalah program peningkatan kompetensi guru yang bisa dilakukan dalam jabatan (jika anda sudah jadi guru) dan pra jabatan jika anda belum jadi guru. Untuk PPG Daljab ini disubsidi pemerintah 7,5 juta per guru dan untuk yang pra jabatan bayar mandiri.
Tunjangan Guru Dalam Jabatan
Jadi bagi yang sudah lulus pretes PPG maka jangan sampai menyia-nyiakan kesempatan, sayang jika gagal. Tidak apa-apa berkorban sedikit di awal karena akan ada kebahagiaan di akhir nanti. Lalu bagaimana tahapan untuk mendapat tunjangan profesi guru itu?

Dulu sertifikasi guru hanya menggunakan format portofolio (ngumpulin berkas sampai sampai angka kredit), lalu diubah ke PLPG (sekitar hanya 2 minggu). Nah kemudian pemerintah nampaknya gak puas dengan kinerja guru sehingga diubah lagi menjadi PPG yang terdiri dari rangkai UKG, Pretes, Daring sampai Workshop, PPL, Uji Kinerja dan UP. Woow panjang juga ya!. Tapi saya sendiri awalnya merasa berat namun karena banyak teman-teman baru jadi serasa punya saudara baru dan kegundahan pun hilang.

Jadi sertifikasi guru paling enak itu angkatan pertama pas jaman SBY. Ibu saya termasuk angkatan pertama, gak pake kuliah ama PPL dan lain-lain pokonya kumpulin sertifikat aja sebanyak-banyaknya. Nah yang PLPG udah lumayan seperti workshop tapi cuma 2 minggu aja. Sekarang aja yang modelnya seperti kuliah 1 semester. Intinya kalau anda mau dapat tunjangan sertifikasi maka harus lulus dulu PPG ya teman-teman.

Nah, lalu berapa sih nominal tunjangan profesi guru itu?. Untuk guru PNS dan swasta berbeda ya teman-teman. Nih saya kasih screenshot dari lampiran peraturan pemerintah yang mengatur tunjangan profesi ini. Gimana udah paham kan sekarang?. Selamat berjuang!.
Tunjangan Profesi Guru
 

Start typing and press Enter to search

CLOSE ADS
CLOSE ADS