Pembahasan KSK Geografi 2020 No 51-55

Halo teman-teman sekalian pejuang olimpiade, kali ini saya akan coba berikan lagi pembahasan KSK Geografi 2020. 

Jangan lupa untuk share blognya ke teman-teman lain dan tetap semangat. KSP 2020 ini akan dilaksanakan bulan Agustus secara daring. 

51.    Jenis tanah pada soal nomor 50 (aluvial) di atas, persebarannya di Indonesia antara lain banyak terdapat di:
a. Jawa bagian selatan  
b. Jawa bagian utara   
c. Sumatera bagian timur

d. Sumatera bagian selatan
e. Papua bagian tengah


Kunci

Tanah aluvial biasa muncul di daerah hilir atau dataran rendah karena di daerah hilir topografi rendah sehingga menjadi tempat akumulasi/sedimentasi hasil erosi sungai. Daerah Jawa bagian utara adalah daerah dataran rendah aluvial sehingga menjadi salah satu lumbung padi nasional. 

52.  Perhatikan gambar berikut ini!
Soal OSK Geografi
Gambar di atas merupakan citra satelit Quickbird yang menunjukkan beberapa objek di permukaan bumi. Objek- objek yang menunjukan sungai, kolam, jalan raya, stadion, dan perumahan berturut-turut ditunjukkan oleh nomor
a.    (1), (2), (3), (4), (5)   
b.    (2), (3), (4), (5), (1)  
c.    (3), (4), (5), (1), (2)
d.    (4), (5), (1), (2), (3)

e.    (5), (1), (2), (3), (4)

Kunci
Dalam soal ini kita diminta menginterpretasi objek pada sebuah citra. Maka berdasarkan panduan 8 unsur spasial citra yaitu rona, tekstur, bentuk, ukuran, bayangan, pola, situs, asosiasi maka akan didapat:

1 = kolam
2 = jalan raya
3 = stadion
4 = perumahan
5 = sungai

53. Salah  satu  model  pengolahan  lahan  untuk  menjaga  kesuburan  lahan  guna  mendukung
konservasi lahan oleh penggunaan komoditi pertanian tunggal adalah:

a. terasering 
b. konturing
c. pergiliran tanaman
d. agroforestry

e. wind breaker

Crop rotation atau pergiliran tanaman adalah salah satu model konservasi tanah yang sering dilakukan pada kegiatna pertanian model monokultur atau pertanian tunggal. Misalnya dalam satu tahun tanam kita bagi atau rotasi. 4 bulan pertama tanam padi, 4 bulan kedua tanam kacang kedelai, 4 bulan ketiga tanam padi lagi. Model seperti ini banyak dilakukan di wilayah Jawa (karena keluarga saya di Jawa petani).

54. Perusakan dalam usaha pertanian sering terjadi dalam sistem perladangan maupun usaha-usaha untuk meningkatkan produksi pertanian sendiri, misalnya pembasmian hama, pemupukan, pemilihan bibit unggul, pembangunan bendungan, dan lain-lain. Sejarah pertanian menunjukan masa ini dimulai pada:
a.    revolusi pertanian pertama   
b.    revolusi neolitik  
c.    revolusi hijau    

d.    revolusi pertanian kedua
e.    revolusi pertanian berkelanjutan

Kunci
Revolusi hijau adalah perubahan tata laksana pertanian dari model subsiten ke arah industri atau modern. Salah satu teknik yang dikenalkan adalah panca usaha tani yang salah satunya adalah intensifikasi pertanian. Didalamnya terdiri dari pembasmian hama, pemupukan, tata cara pemilihan bibit unggul, pembangunan dam dan lainnya. Tujuannya adalah meningkatkan profuktifitas lahan pertanian.

55. Berikut ini adalah beberapa sistem pertanian di Indonesia, kecuali:
a.    sistem ladang   
b.    sistem sawah   
c.    sistem tegal pekarangan   
d.    sistem pengairan

e.    sistem perkebunan

Kunci
Sejak jaman dahulu masyarakat Indonesia sudah memiliki kebudayaan agraris. Beberapa sistem pertanian yang dilakukan masyarakat Indonesia dikenal ada 5 yaitu bersawah, berladang, bertegal, dan berkebun. Sementara sistem pengairan adalah salah satu pendukung pertanian (teknis pengairan) jadi bukan termasuk sistem pertaniannya.