Pembahasan KSK Geografi 2020 No 46-50

Halo pejuang olimpiade geografi se tanah air, kita akan lanjut lagi untuk membahas kunci jawaban soal KSK Geografi 2020 Nomor 46-50. 

Jangan lupa untuk share blognya ke teman-teman lain dan tetap semangat berjuang meraih prestasi terbaik.

46. Gelombang laut adalah penjalaran energi di laut. Energi tersebut berasal dari berbagai faktor yang bekerja di laut. Dalam penjalarannya, parameter gelombang yang tidak pernah berubah nilainya adalah:
a. tinggi gelombang
b. panjang gelombang
c. kecepatan rambat gelombang
d. frekuensi gelombang
e. amplitudo gelombang

Kunci
Pertama kamu harus tahu dulu tentang definisi gelombang. Coba kamu lempar batu ke air, pasti nanti air akan bergerak naik turun kan, menjauh dari titik pusat lemparan batu saat menyentuh air?. Gelombang adalah mekanisme yang dapat membawa energi dari satu titik ke titik lain. Lalu apa saja yang bisa diukur dari sebuah gelombang?. Ukuran, kecepatan, jumlah energi atau apa?.

Untuk mengetahui itu semua maka kita harus melihat parameter gelombang yaitu periode, frekuensi, amplitudo, cepat rambat dan panjang gelombang. Dari semua parameter tersebut, yang tidak pernah berubah nilainya adalah frekuensi. Frekuensi gelombang adalah jumlah siklus yang diselesaikan dalam waktu tertentu.
 
Ilustrasi frekuensi gelombang pendek dan panjang

Karena Frekuensi itu adalah fungsi dari banyaknya getaran / putaran / gelombang dalam satu satuan waktu (cycle per detik atau Hz), sementara panjang gelombang, adalah panjang 1 gelombang (meter).

Maka panjang geombang bisa saja berubah tanpa mempengaruhi fruekuensi, cuma jangkauanya gelombang itu yang akan berubah sesuai panjang gelombang.

Contohnya: Gelombang 100 Hz dengan panjang gelombang 1 meter. Maka dalam 1 menit, gelombang itu sudah menjalar sejauh:

60 detik x 100 Cycle per detik = 6,000 Cycle.

Kalau panjang gelombang 1 meter, maka jangkauannya mencapai:

6,000 x 1 meter = 6,000 meter.

Jadi dalam 1 menit gelombang sudah menjalar sejauh 6,000 meter.
kesimpulan jadi, panjang gelombang bisa berubah walau frekuensi tetap.

47. Perhatikan gambar ini!
OSK Geografi 2020
Untuk menghitung debit dari aliran sungai di bawah ini, aliran dimasukkan ke dalam suatu bidang segitiga sama sisi yang dimensinya selebar 2 m di setiap sisinya seperti terlihat pada gambar. Jika diketahui kecepatan arus sungai yang mengalir adalah 1 m/detik, maka debit sungai tersebut sebesar:
a. 8,00 m3/detik
b. 1,73 m3/detik

c. 2,24 m3/detik 

d. 8,94 m3/detik
e. 0,56 m3/detik


Kunci
Dalam pengerjaan 

48.  Faktor yang terkait dengan ketahanan pangan adalah:
a.    konversi lahan pertanian dan perkebunan
b.    keterbatasan pemilik lahan
c.    pola makanan masyarakat yang berubah menjadi diversifikasi di sektor makanan pokok, seperti gandum, ketela, jagung, sagu, roti dan lainnya
d.    lahan di luar pulau Jawa yang termanfaatkan dengan baik
e.    alih fungsi lahan menjadi perumahan

Kunci

Definsi ketahanan pangan adalah kondisi terpenuhinya Pangan bagi negara sampai dengan perseorangan, yang tercermin dari tersedianya pangan yang cukup, baik jumlah maupun mutunya, aman, beragam, bergizi, merata, dan terjangkau serta tidak bertentangan dengan agama, keyakinan, dan budaya masyarakat, untuk dapat hidup sehat, aktif, dan produktif secara berkelanjutan. 

Salah satu faktor ketahanan pangan adalah pola makanan masyarakat yang sangat beragam atau diversifikasi. Jika kita sekarang hanya makan nasi maka beras akan cepat habis tapi jika kita sebar ke produk lain seperti gandum, ketela, jagung, roti (karbohidrat lain) maka ketahanan pangan akan terjaga. Masyarakat bisa memilih kebutuhan karbohidrat sesuai keinginan dan kondisi ekonomi.

49. Berikut penilaian berkaitan dengan perkembangan sejarah pertanian. Pilih pernyataan yang menurut Saudara paling tepat!

a.    Revolusi Pertanian Kedua menyebabkan terjadinya peningkatan degradasi lahan karena adanya perpindahan pertanian ke kota
b.    Revolusi Hijau menyebabkan kegagalan pertanian karena terjadinya kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh input teknologi dalam pengembangan usaha

c.    Revolusi Neolitik merupakan revolusi yang ramah lingkungan karena dinilai mampu menyediakan kebutuhan pangan sekala besar dengan teknologi sederhana
d.    Revolusi Pertanian Kedua menyebabkan terjadinya degradasi lahan karena input teknologi yang merusak lingkungan dalam sekala besar
e.    Revolusi Pertanian Kedua menyebabkan domestifikasi pertanian dan meningkatkan kebutuhan pangan perkotaan

Kunci

Revolusi hijau adalah suatu perubahan pola pertanian dari pertanian tradisional menuju pertanian modern. Modernisasi pertanian menyebakan kerusakan lingkungan karena masuknya teknologi mesin, pupuk kimia dan lainnya ke dalams sektor pertanian. 

50. Tanah yang terbentuk dari endapan hasil erosi (lumpur dan pasir halus) di daerah-daerah
dataran rendah, berwarna kelabu dan peka terhadap erosi, biasanya dimanfaatkan sebagai lahan pertanian sawah adalah jenis tanah:
a.    aluvial   
b.    latosol   
c.    fluvial   

d.    endosol

e.    organosol

Kunci
Tanah aluvial adalah tanah yang biasa terbentuk di sepanjang aliran sungai atau delta. Tanah aluvial dihasilkan dari akumulasi erosi dari hulu sungai dan membawa mineral yang subur, sehingga baik untuk kegiatan pertanian. Lanjut>>>Kunci KSK No 51-55