Aplikasi Proyeksi Peta Online

Halo kawan-kawan kali ini saya akan berikan contoh media geografi yang bisa dimanfaatkan di kelas secara online khususnya tentang proyeksi peta. Sebelumnya saya bahas sedikit dulu tentang konsep proyeksi peta.

Proyeksi peta adalah suatu teknik memindahkan bidang lengkung bumi ke bidang datar dengan distrosi sekecil mungkin.

Analoginya adalah bayangkan kamu sedang mengupas kulit jeruk kemudian kulit jeruk tadi kamu susun diatas meja, pastinya tidak mungkin menjadi segi empat kan?.

Ada sobekan atau distorsi karena luas kulit jeruk dalam bentuk bulat berbeda jika dibentangkan seperti meja.

Maka dari itu dibutuhkan suatu teknik matematika yaitu proyeksi untuk mengurangi kesalahan atua menambal sobekan-sobekan tadi. Ingat syarat peta yang baik ada 3 yaitu conform, ekuivalen dan ekuidistant.

Conform artinya sama bentuk, ekuivalen sama luas, ekuidistant sama jarak. Untuk menjaga ketiga aspek tersebut maka dibutuhkan teknik proyeksi tadi.

Apakah kamu pernah melihat peta di kelas lalau perhatikan pulau Greenland menjadi sangat luas di utara?. Memangnya pulau Greenland seluas itu sebenarnya?.

Lihat gambar di bawah ini yang menunjukkan salah satu peta dengan sistem proyeksi mercator silindris. Kelihatan kan bentuk negara asli dan di peta berbeda (khusus di lintang sedang)?.
Contoh proyeksi mercator
Itu adalah dampak dari pemilihan salah satu jenis proyeksi yaitu proyeksi mercator dimana ukuran luas daerah di bagian utara dan selatan melebar, sementara di khatulistiwa tetap.

Saya menemukan satu website yang bisa digunakan di kelas untuk mempraktikkan contoh-contoh proyeksi peta. Silahkan cek di web berikut >>> Aplikasi Proyeksi Online