Contoh Pidato Peringatan HUT RI ke-75 Tahun 2020

HUT Kemerdekaan RI tahun 2020 sebentar lagi akan diperingati di tengah kondisi pandemi Covid- 19. Meskipun begitu kita tetap harus semangat mengisi kemerdekaan dan menjaga kedaulatan NKRI.

Berikut ini contoh pidato singkat peringatan HUT RI ke-75 tahun 2020 yang bisa dijadikan referensi bagi anda. Indonesia bersatu dan kuat, Corona minggat!.
Logo HUT RI ke-75
Assalamualaikum wr.wb

Hadirin yang berbahagia
Puji syukur marilah kita panjatkan ke hadirat Allah SWT karena berkat kuasa, rahmat dan hidayahNya, di hari ini kita dapat memperingati kemerdekaan Indonesia yang ke 75. Kita tahu bahwa saat ini dunia tengah mengalami krisis karena pandemi Covid-19.

Pandemi Covid-19 telah merubah tata kehidupan kita sebagai manusia dalam beberapa bulan terakhir. Masyarakat dunia tak terkecuali kita bangsa Indonesia tengah berjuang melawan virus yang dapat melumpuhkan tubuh dan mengakibatkan kematian.

Hadirin yang berbahagia
Melihat lagi ke masa lalu, kemerdekaan bangsa Indonesia bukan digapai tanpa adanya perlawanan dan pengorbanan. Kemerdekaan tidak akan diraih tanpa adanya semangat perjuangan, semangat kekeluargaan dan semangat persatuan seluruh rakyat Indonesia.

Oleh sebab itu saudara, saat ini kita harus kembali bersatu, berjuang bersama-sama melawan Covid-19. Perjuangan kita sekarang tidak lagi melalui senjata melawan para penjajah tapi saat ini kita melawan virus yang tak terlihat.

Perjuangan kita saat ini adalah melawan ego masing-masing untuk senantiasa patuh terhadap aturan-aturan protokol kesehatan sehingga penyebaran virus bisa ditekan secepat mungkin.

Hadirin yang berbahagia
Indonesia dibangun dari akar persatuan dan kekeluargaan yang kuat, oleh karenanya kita harus tetap menjaga marwah prinsip dasar berbangsa dan bernegara tersebut agar NKRI tetap berdiri tegak, berdaulat dan kuat sebagai sebuah bangsa yang merdeka.

Sudah saatnya kita memberikan sumbangsih nyata, menelurkan karya-karya terbaik bagi masyarakat dan bangsa agar negara yang kita cintai ini semakin jaya di mata dunia. Covid-19 dalam beberapa bulan terakhir tentu sangat melelahkan dan melemahkan ekonomi negara.

Namun kini saatnya kita kembali bangkit dan kembali merajut asa, merangkai mimpi yang tertunda sesaat karena pandemi tersebut.

Hadirin yang berbahagia
Kemerdekaan bukanlah sebuah akhir melainkan sebuah awal dari perjalanan sebuah negara. Marilah kita isi perjalanan NKRI yang kita cintai ini dengan penuh kedamaian, prestasi, dan kejayaan.

Semoga di HUT RI yang ke 75 dengan tema Indonesia Maju, kita benar-benar menjadi sebuah negara yang unggul dan bergerak menuju negara yang maju dalam hal ekonomi dan maju secara peradaban.

Akhir kata selamat ulang tahun Indonesia yang ke-75, jayalah Indonesia. Wassalamualaikum wr.wb.