Kaitan Wilayah Pewilayahan dan Tata Ruang

Geografi adalah ilmu yang mempelajari fenomena dalam suatu ruang. Ruang yang mana yang dimaksud?. Tentu ruang permukaan bumi, jadi batasan ruang geografi adalah bumi sebagai planet.

Dalam geografi ruang didefinisikan sebagai satu kesatuan wilayah, tempat manusia dan mahluk hidup lainnya melakukan kegiatan untuk memenuhi kebuthan hidupnya.

Dalam ruang bumi ini juga terjadi berbagai interaksi baik antara komponen fisik maupun sosial. Setiap ruang memiliki fenomena berbeda-beda.

Konsep region atau wilayah ini sangat penting dalam geografi karena menjadi sarana ahli geografi dan merupakan unit studi dasar dalam geografi deskriptif. Pada akhirnya kita akan mencoba menganalisa perbedaan antar wilayah dan dianalisa lebih dalam.

Konsep wilayah berawal di abad ke 19 saat Paul Vidal de la Blache (ahli geografi Perancis) mempelajari bagaimana alam dan lingkungan menentukan suatu batasan geografi dan memengaruhi aspek sosial dan politik suatu daerah.

Hasil pengamatannya berada di daerah homogen kecil di Perancis yang memiliki sistem pertanian yang dipengaruhi persediaan tanah dan pasokan air.

Wilayah homogen ini kemudian berinteraksi satu sama lain dan fenomena inilah yang menjadi tujuan dasar geografi menurutnya.

Konswp wilayah dan pewilayahan sangat penting bagi geografi atau perencana kota agar pembangunan sesuai dengan karakter wilayah tersebut. Tujuan mempelajari konsep wilayah dan pewilayahan adalah untuk mengetahui karakter dari tiap-tiap wilayah melalui pemahaman tentang berbagai fenomena geografi, interaksi biotik dan abiotik, serta realitas, seperti hubungan sosial dan budaya, kondisi ekonomi dan politik sehingga permukaan bumi secara keseluruhan dapat dipahami.

Setiap wilayah pada dasarnya memiliki potensi untuk tumbuh dan berkembang menjadi sebuah pusat pertumbuhan. Coba lihat kota Dubai di Uni Emirat Arab, siapa yang menyangka bahwa sedekade lalu kota modern tersebut adalah gurun pasir gersang tak bertuan.

Kini wilayah gurun pasir tersebut disulap menjadi sebuah kota modern terbaik di dunia dengan ratusan gedung pencakar langit dan fasilitas modern nomor wahid di dalamnya. Itulah mengapa kita penting mempelajari wilayah agar pemimpin mampu mengelola ruang tersebut sehingga dapat ditinggali manusia dengan nyaman.
Kota Dubai dahulu adalah gurun pasir gersang