Kunci Jawaban Evaluasi Sejarah Indonesia Kelas X Erlangga Bab 1

Sejarah Indonesia adalah salah satu materi dasar yang dipelajari di kelas 10 level SMA/MA. Pemahaman sejarah Indonesia sangat penting bagi peserta didik.

Kita dituntut untuk memahami sejarah bangsa Indonesia dari waktu ke waktu sehingga kita bisa belajar tentang seluk beluk negara kita. Indonesia adalah bangsa yang besar dan punya sejarah panjang sebelum menjadi sebuah negara.

Berikut kunci jawaban evaluasi Erlangga kelas 10 Sejarah Indonesia Wajib bab 1. Kunci ini bisa saja ada kesalahan, silahkan koreksi dan baca kembal. Budayakan membaca dan merecek hasil pekerjaan.
Kunci evaluasi sejarah indonesia kelas X
1. Pilihan Ganda
1. A, 2. B, 3. D, 4. D, 5. E, 6. B, 7. A, 8. D, 9. E, 10. A, 11. B, 12. B, 13. C, 14.  D, 15. E, 16. C, 17. E, 18. B, 19. E, 20. E, 21. B, 22. C, 23. A, 24. D, 25. C, 26. E, 27. D, 28. C, 29. ,30. A

II. Sebab Akibat
1. B, 2. B, 3. C, 4. C, 5. E, 6.  C, 7. B, 8. A, 9. A, 10. E

III. Esai
1. Sejarah berasal dari kata Arab syajaratun artinya pohon. Bentuk pohon ini diakitkan dengan skema silsilah keluarga raja dari dinasti tertentu. Kata syajaratun ini kemudian diserap ke bahasa melayu menjadi syajarah dan di bahasa Indonesia menjadi sejarah.

2. Unsur penting sejarah meliputi manusia, ruang dan waktu. Manusia sebagai pelaku sejarah itu sendiri, ruang sebagai tempat terjadi peristiwa tersebut dan waktu sebagai ukuran kapan terjadinya peristiwa tersebut di masa lalu.

3 Kronik ditulis oleh para musafir, pendeta untuk merekam tentang kejadian atua peristiwa menarik, penting dan mengesankan yang ditemui pada suatu tempat dan waktu tertentu. Tulisan ini menjadi dasar  dan membantu para sejarawan modern dalam menganalisa kejadian di masa lalu.

4. Inilah 3 alasan mengapa waktu menjadi hal penting dalam sejarah:
- menunjukkan masa suatu peristiwa sejarah dan peristiwa yang berkaitan di masa itu.
- menunjukkan fenomena atau kecenderungan sosial, politik, ekonomi dll yang bisa mempengaruhi terjadinya suatu peristiwa dan pelakunya.
- menentukan kebenaran sebuah peristiwa sejarah, tanpa waktu dan tepat, maka akan muncul keraguan hingga misteri yang ditutupi dibalik sebuah kejadian sejarah.

5. Periodisasi adalah pengklasifikasan peristiwa-peristiwa sejarah dalam tahap-tahap dan pembabakan tertentu. Contoh periodisasi sejarah adalah sebagai berikut:

Periodisasi sistem mata pencaharian hidup masyarakat Indonesia.
- Masa berburu dan meramu
- Masa bercocok tanam
- Masa bercocok tanam tingkat lanjut
- Masa perundagian

6. Kronologi adalah ilmu tentang waktu yang menjadi ilmu bantu sejarah dalam menyusun peristiwa atau kejadian sesuai urutan waktu terjadinya. Kronik adalah catatan perjalanan yang ditulis oleh para musafir, pendeta dan pujangga di masa lalu. Sinkronik adalah kajian yang lebih memfokuskan untuk meneliti gejala-gejala yang meluas dari sebuah peristiwa namun dengan waktu terbatas.

7. Keberlanjutan adalah kebalikan dari perubahan yaitu suatu keadaan yang telah berlangsung lama. Contoh keberlanjutan sejarah adalah Wangsa Syailendra berkuasa di Jawa selama sekitar 250 tahun. Keadaan ini berlangsung secara garis luurs sampai terjadi perubahaan sehingga berlangsung zig-zag.

8. Perubahan dalam sejarah adalah peristiwa dapat membuat suatu perubahan baik cepat atau lambat. Contohnya pengeboman Hiroshima dan Nagasaki  6 dan 9 Agustus 1945 membuat Jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu dan dalam waktu cepat Indonesia dapat memproklamasikan diri sebagai sebuah negara.

9. Herodotus menjadi bapak ilmu sejarah karena dia disebut sebagai "Bapak Sejarah " karena ia adalah sejarawan pertama yang diketahui mengumpulkan bahan-bahannya secara sistematis, menguji akurasinya sampai batas tertentu, dan menyusunnya dalam bentuk narasi yang terstruktur secara jelas.

10. Sejarah penting dipelajari karena kita bisa belajar kejadian penting dan mengambil pelajaran dari kejadian tersebut. Hal-hal baik dapat kita ambil sementara hal buruk di masa lalu bisa disimpan sebagai catatan dan refleksi agar tidak terjadi lagi di masa depan.