Jenis Template Blog Paling Cocok Untuk Adsense

Oke teman-teman udah lama nih saya gak bahas tentang dunia blog karena memang basic saya sebenarnya gak di dunia itu.

Saya akan cerita tentang penggunaan template blog adsense yang paling cocok dan bisa meningkatkan klik iklan.

Kenapa pemilihan template blog itu penting?. Karena template yang buruk hanya akan membuat blog anda menjadi sia-sia. Visitor akan urung datang dan pendapatan adsense atau iklan lain akan jauh dari harapan.

Jenis template blog adsense memang khusus dan harus sesuai karateristiknya yaitu meningkatkan klik iklan alias CTR (click through rate), itu kuncinya bukan?.

Saya tidak akan bahas panjang lebar, jadi to the point saja dan mudah-mudahkan agan-agan tidak terlalu lama baca dan yang penting langsung dapat poinnya lalu praktik. Berikut jenis template blog dengan peluang klik adsense tinggi.

1. Mobile Friendly
Salah satu kriteria template blog adsense yang wajib dipenuhi blogger adalah mobile friendly. Apa itu mobile friendly?.

Maksudnya blog anda bisa dibuka di device mobile alias handphone dengan baik. Beberapa tahun lalu smarthphone belum begitu masif penggunaannya.

Tapi saat ini hampir 90% warga dunia sudah punya handphone, tablet dll dan disanalah sumber trafik. Pilihlah template blog yang mobile friendly, banyak yang gratisan juga tapi mending beli yang premiun kalau punya dana lebih.

Untukcek template blog anda sudah mobile friendly atau belum bisa cek di link berikut: cek mobile friendly test
 
Memilih template untuk blog adsense

2. Fast Loading
Template blog adsense harus cepat alias fast loading saat dibuka di berbagai jenis device. Pokonya kecepatan page blog anda saat dibuka ahrus kurang dari 1 detik. Lebih dari 1 detik maka iklan-iklan potensial akan kabur dan bahkan gak muncul.

Itu akan merugikan potensi pendapatan anda, jadi cari template blog yang didesain fast loading. Hampir desainer template blog terkemuka tanah air kini sudah menyediakan template yang super fast, tinggal dipilih saja.

Coba banyak blogwalking ke blog yang udah terkenal, kamu bisa membanding-bandingkan sebelum membeli template fast loading. Cek kecepatan blog agan di link berikut: speed test

3. Posisi Iklan
Nah penempatan iklan adsense di blog harus tepat. Carilah template blog yang bisa menempatkan iklan  adsense di posisi berikut ini:

- bawah header
- bawah judul postingan
- tengah postingan
- bawah postingan
- sidebar

Nah posisi-posisi iklan adsense di atas adalah yang terbaik untuk menjaring klik. Pengalaman saya CTR terbanyak adalah iklan adsense di bawah header dan di bawah judul postingan.

Kenapa dua posisi tersebut?. Saya buka rahasianya tanpa basa basi, karena ketika seseorang bukan handphone maka scroll jempol pertama dan kedua adalah yang paling banyak klik entah itu sengaja atau gak sengaja.

Posisi scroll pertama dan kedua itu biasa jatuh di iklan bwah header dan bawah postingan (ditengahai oleh tulisan judul terlebih dahlulu). Gimana sampai paham kan?

4. SEO Structured
Nah yang keempat juga ngaruh banget, meski saya gak paham betul juga sepenuhnya. SEO pada template blog haruslah udah sesuai dengan perkembangan algoritma google.

Cari template yang sudah diisi meta tag yang paling kekinian. Gak tau meta tag?. Nanti akan saya ulas di postingan lain. Jadi intinya struktur koding blog dari head (atas) sampai bawah (footer) harus bisa dibaca oleh robot google dengan baik agar nanti blog anda bisa nangkring di halaman page one.

Itulah sedikit tips memilih jenis template blog yang cocok untuk bermain adsense. Semoga membantu.