Rangkuman Geografi Kelas 11 Bab Dinamika Biosfer (Persebaran Flora Fauna)

Kali ini saya akan berikan contoh rangkuman materi dinamika biosfer kelas 11. Silahkan dipelajari dan share ke teman-teman lain.

Kehidupan mahluk hidup di bumi berlangsung dalam sebuah lapisan yang dinamika biosfer. Dinamika biosfer ini sangat kompleks sehingga membuat bumi menjadi planet yang unik.

Berikut ini rangkuman singkat materi penting dari geografi kelas 11 bab dinamika biosfer dan pemanfaatannya.

Baca juga: Soal PTS Biosfer + kunci
Rangkuman geografi bab dinamika biosfer
1. Biosfer dapat diartikan sebagai lapisan tempat kehidupan mahluk hidup dapat berlangsung. Kehidupan mahluk hidup di bumi ini tersebar mulai dari udara, perairan sampai daratan hingga batas kedalaman tertentu.

2. Kehidupan di planet ini dapat terbentuk dari beberapa level perkembangan yaitu spesies, populasi, komunitas dan ekosistem.

3. Faktor persebaran flora dan fauna di permukaan bumi meliputi faktor geologis, faktor cuaca dan iklim, faktor tanah/edafik, faktor tekanan populasi dan faktor manusia.

4. Bioma dapat diartikan sebagai suatu lingkungan yang didominasi oleh sejumlah vegetasi tertentu dan dipengaruhi oleh kondisi iklim di tempat tersebut.

5. Persebaran bioma di bumi meliputi bioma hutan hujan, bioma gurun, bioma sabana, bioma stepa, bioma taiga, bioma hutan gugur dan bioma tundra.

6. Pola penyebaran hewan dan tumbuhan di Indonesia dibagi menjadi 3 bagian yaitu Indonesia Barat, Indonesia Tengah (Peralihan) dan Indonesia Timur

7. Wilayah fauna Indonesia barat bertipe asiatis, bagian tengah disebut peralihan dan bagian timur beripte australis.

8. Secara geografis, penyebaran hewan di daratan bumi terbagi menjadi 6 zona yaitu Neartik, Neotropik, Paleartik, Oriental, Ethiopian dan Australis.

9. Jenis ekosistem perairan diantaranya hutan bakau, terumbu karang dan padang lamun.

10. Berdasarkan intensitas cahaya matahari yang masuk, laut dikategorikan menjadi 3 zona yaitu Eufotik, Disfotik dan Afotik.

11. Beberapa bentuk pelestarian hewan dan tumbuhan adalah pembuatan Cagar Alam, Suaka Margasatawa, Cagar Biosfer, Hutan Raya hingga Taman Nasional.

12. Contoh fauna khas Indonesia barat (Asiatis) adalah harimau, gajah, orangutan, bekantan, badak bercula satu.

13. Contoh fauna khas Indonesia tengah (peralihan) adalah komodo, tapir, maleo, kuda sumbawa.

14. Contoh fauna khas Indonesia timur (australis) adalah wallaby, kasuari, cenderawasih.

15. Garis batas fauna Indonesia bagian barat dengan bagian tengah adalah garis Wallace sementara garis baras fauna Indonesia bagian tengah dengan bagian timur adalah garis Lydeker.

16. Flora khas Indonesia antara lain cendana, anggrek, rotan, raflesia, melati.

Baca juga: Kunci evaluasi erlangga dinamika biosfer