Kunci Jawaban Evaluasi Halaman 109 Buku Paket Geografi Erlangga Kelas 11 - Gurugeografi.id

Kunci Jawaban Evaluasi Halaman 109 Buku Paket Geografi Erlangga Kelas 11

- October 20, 2018

Baca Juga

Oke teman-teman, kali ini saya akan
mencoba memberikan contoh kunci jawaban evaluasi di salah satu buku paket geografi kelas 11 tentang materi biosfer. Sebelumnya saya akan coba memberikan sedikit ikhtisar materinya. Kunci jawaban ini adalah versi saya jadi kalau ada kesalahan atau kurang tepat silahkan dikoreksi saja, no hate speech. Mari belajar bersama-sama.

Biosfer adalah sebuah sistem kehidupan di bumi yang meliputi berbagai macam lapisan. Mahluk hidup di bumi ini memiliki toleransi terhadap suatu kondisi tertentu agar bisa hidup. Contoh manusia bisa hidup normal di atas litosfer tapi kalau di udara mungkin susah dan perlu modifikasi, apalagi di dalam tanah. Ada beberapa faktor sebaran flora fauna di bumi mulai dari geologi, iklim, tanah, tekanan populasi sampai manusia.

Sejak dahulu telah banyak ahli yang meneliti tentang keanekaragaman hayati di dunia. Indonesia merupakan wilayah yang didominasi bioma hutan hujan dan beberapa sabana kecil. Zonasi flora fauna Indonesia ada 3 yaitu barat, peralihan dan timur. Keberadaan flora fauna kini terancam oleh aktifitas manusia yang semakin dominan di permukaan bumi. Konservasi perlu dilakukan untuk menjaga kelestarian flora fauna di dunia.

Bagian A Pilihan Ganda
1.C 2.E 3.A 4.D 5.D 6.E 7.A 8.B 9.E 10.A 11.B 12.A 13.D 14.E 15.B 16.E 17.C 18.B 19.D 20.B

Bagian II
1. bios dan sphere
2. atmosfer, litosfer dan hidrosfer
3. Bioma
4. Bersuhu tinggi atau beriklim tropis
5. Bakau
6. Biogeografi , biogeografer
7. Wallace
8. Hutan huan
9. Wilayah Barat, Peralihan dan Timur
10. Kelautan

Bagian III
1. Karakteristik dari bioma adalah 
- Pada sebuah bioma ada suatu komunitas klimaks yaitu suatu kehidupa yang sudah mencapai perkembangan maksimal sehingga tidak terjadi perubahan yang signifikan.
- Ada vegetasi utama yang mendominasi di wilayah tersebut.
- Komunitas selalu stabil sepanjang masa kecuali ada hal besar seperti bencana alam, wabah penyakit atau gangguan manusia.
- Bioma terbentuk karena adanya kumpulan ekosistem yang berbeda pada suatu iklim atau wilayah geografis.
- Memiliki wilayah yang luas.
- Setiap bioma dicirikan dengan bentuk kehidupan flora fauna yang berbeda.

2. Faktor sebaran flora dan fauna
a. Geologi
Geologi berkaitan dengan pergerakan lempeng tektonik. Contohnya dahulu wilayah daratan bagian barat Indonesia bersatu dengan Asia dan Papua bersatu dengan Australia. Hal ini membuat flora fauna tersebar karena bisa bermigrasi. Kemudian saat zaman es mencair di Pleistosen akhir, daratan ini terpisah oleh laut dan hewan tidak bisa lagi melintasi daerah tersebut.
b. Iklim
Kondisi cuaca iklim mempengaruhi terhadap kehidupan tumbuhan dan hewan. Ada tumbuhan yang cocok di daerah basah dan ada pula di daerah kering. Contohnya kaktus cocok tumbuh berkembang di cuaca panas dan kering sementara pohon pinus cocok berkembang di daerah yang lembab dan basah. Hewan-hewan juga bisa bermigrasi karena kondisi cuaca yang buruk seperti hilangnya oase di Afrika sehingga kawanan zebra migrasi ke daerah yang ada hujan.
c. Tanah
Tanah mempengaruhi terhadap jenis tumbuhan dan hewan yang hidup. Padi cocok hidup di tanah yang gembur dan basah, sementara edelwis cocok di tanah lembab, dingin seperti pegunungan. Di tanah es seperti kutub, hewan-hewan akan berkulit tebal sementara di daerah panas tidak demikian.
Faktor lainnya adalah manusia yang bisa membawa bibit tanaman dan hewan ke berbagai tempat.

3. Hutan hujan  di Sumatera, Kalimantan dan Papua. Hutan musim di Jawa Tengah, Jawa Timur hingga Nusa Tenggara. Hutan pegunungan di Sumatera, Sulawesi, Kalimantan dan Papua. Hutan Sabana di Papua, NTT dan Maluku. Hutan rawa di pantai timur Sumatera, Kalimantan, Papua dan Jawa. Hutan pasnag surut di Sumatera, Kalimantan, Maluku, Bali, Jawa dan Papua. Hutan gambut di Kalimantan barat dan kalimantan tengah.

4. Sebaran flora dan fauna versi Wallace di dunia. 1. Paleartik, 2. Oriental, 3. Etiopian, 4. Australis, 5. Neartik, 6. Neotropik

5. Taman Nasional Ujung Kulon di Banten untuk konservasi badak bercula satu. Taman Nasional Komodo di NTT untuk konservasi Komodo. Taman Nasional Way Kambas di Lampung untuk konservasi gajah Sumatera.

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

 

Start typing and press Enter to search