Contoh Peninggalan Kehidupan Masa Perundagian (Pertukangan) - Gurugeografi.id

Contoh Peninggalan Kehidupan Masa Perundagian (Pertukangan)

- October 21, 2018

Baca Juga

Manusia mengalami tahapan-tahapan
kehidupan di bumi ini mulai dari yang paling primitif sampai yang paling modern. Salah satu masa yang dialami kehidupan manusia adalah masa perundagian. Di masa  perundagian ini manusia tidak hanya mengenal peralatan kerja seperti kapak dan beliung tapi sudah mulai membuat peralatan-peralatan pelengkap kehidupan. Manusia di masa perundagian sudah mengenal perunggu dan besi. Contoh peninggalam peralatan hidup masa perundagian diantaranya:

1. Jenis-jenis peralatan dari besi yaitu beliung, mata pisau, mata tombak dan sabit.
2. Gerabah, yaitu alat yang dibuat dari tanah liat yang masih sederhana.
3. Pakaian
Di Kalimantan, Sulawesi dan beberapa lokasi lain pernah ditemukan alat pemukul kulit kayu. Kulit kayu biasa digunakan sebagai bahan pakaian. Ditemukannya alat pemukul kulit kayu ini menandakan bahwa manusia pada masa itu sudah mengenal pakaian. Bahkan kain tenun sederhana pun sudah dikenal.
4. Perhiasan
Barang perhiasan di zaman purba banyak yang berupa gelang dan kalung yang terbuat dari batu indah dan kerang. Perhiasan kalung biasanya dibuat dari batu akik atau batu yang dicat. Bahkan dalam perkembangan zaman perunggu, dikenal barang-barang perhiasan misalnya gelang, cincin, kalung, anting dari perunggu.
Contoh Peninggalan Kehidupan Masa Perundagian (Pertukangan)
Hasil kebudayaan masa perudagian
 5. Nekara
Nekara adalah semacam tambur yang berbentuk dandang terbalik. Dalam kehidupan manusia purba, nekara dijadikan alat pusaka. Benda ini dianggap suci dan dipuja. Fungsi nekara untuk mengiringi upacara-upacara penyembahan. Di Pulau Alor ditemukan nekara berukuran kecil dan dikenal dengan nama moko. Di daerah Bali terdapat nekara yang berukuran sangat besar dan masih utuh dengan tinggi hingga 1,98 m dan diameter 1,6 m. Nekara ini dianggap suci dan berasal dari bulan. Nekara ini sekarang disimpan di Pura Pantaran Sasih.
6.  Kapak Perunggu
Kapak perunggu biasa disebut kapak sepatu karena bagian atasnya berbentuk corong dengan bibir terbelah dua. Pada corong itu dimasukan tangkai kapak. Karena itulah kapak ini disebut kapak corong.
7. Patung perunggu
Patung perunggu banyak macamnya dan ada yang dibuat seperti orang sedang menari, berdiri, naik kuda atau memegang panah. Arca berbentuk manusia dan hewan banyak ditemukan di Indonesia.
8. Bejana perunggu
Bejana perunggu umumnya punya bentuk bulat dan menyerupai tempat membawa ikan yang diikatkan di pinggang. Bejana masa perundagian terbuat dari dua bagian lempengan perunggu berbentuk cembung yang dilekatkan pada pacuk besi di sisinya. Bejana perunggu banyak ditemukan di Madura dan Sumatera.

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

 

Start typing and press Enter to search