Pengalaman Membuat Rekening Bank Khusus Sertifikasi Guru

Halo teman-teman guru yang berbahagia, gimana kabarnya hari ini?. Semoga senantiasa sehat selalu dan tetap produktif.

Kali ini saya akan share pengalaman saya saat mencoba membuat rekening bank baru khusus sertifikasi guru. Memangnya tidak bisa pakai rekening yang sudah ada ya?.

Nah untuk itu saya akan coba berikan sedikit ceritanya. Jadi pada tahun lalu saya sudah mengikut program pendidikan profesi guru atau PPG di salah satu perguruan tinggi negeri.

Program PPG dalam jabatan ini bersubsidi jadi kita itu dibantu pemerintah untuk sekolah lagi (profesi). Besaran tunjangan biaya pendidikan profesi waktu itu 7,5 juta rupiah untuk satu semester.

Terus biaya lainnya gimana?. Nah yang lainnya ditanggung sendiri seperti kost, makan dan lainnya. Dana subsidi PPG tersebut dibayarkan langsung pemerintah pusat ke perguruan tinggi pelaksanan, tapi kita harus buat rekening bank dulu.

Bank yang ditunjuk pemerintah untuk sertifikasi adalah BNI. Jadi harus buat tabungan khusus lagi di BNI. Nanti dana akan dikirim otomatis kemudian ditransfer lagi otomatis ke perguruan tinggi.

Jadi istilahnya kita buat rekening transit, setelah itu rekening kemanain?. Saya biarkan aja biar hangus, karena udah punya BNI sebelumnya. Masa harus nyimpen 2 no rekening bank yang sama.
Rekening bank khusus sertifikasi guru
Singkat cerita saya lulus PPG alhamdulillah dan menunggu untuk mendapatkan pencairan tunjangan sertifikasi. Nunggunya hampir 6 bulanan pemirsa semenjak lulus UP PPG.

Lalu bagaimana proses pencairan dana sertifikasi itu?. Ternyata pemerintah akan membuatkan rekening khusus kepada setiap guru untuk pencairan tunjangan triwulan.

Syarat pencairan adalah harus memenuhi 24 jam mengajar linier. Untuk mengetahui valid tidaknya tunjangan bisa cek di dapodik sendiri. Baca juga: Cara cek status sertifikasi

Di akun dapodik nanti akan tertera bank yang ditunjuk untuk mencairkan dana sertifikasi. Kebetulan saya dapat bank BNI sementara teman-teman lain di Jawa Barat adalah Bank BJB.

Setelah itu saya bawa KTP dan print screenshoot dapodik ke bank BNI yang ditunjuk khusus untuk pembuatan rekening sertifikasi guru. Di kota Bekasi bank BNI yang ditunjuk adalah BNI Kemang Pratama.

Pagi hari lalu saya ke CS BNI untuk membuat rekening baru dan tidak lebih dari 1 jam, rekening sudah jadi.

Tinggal menunggu tunjangan cair, silahkan cek pakai mobile banking saja biar mudah. Ingat jangan sampai saldonya habis karena nanti akan lebih sulit lagi buatnya.