Cara Cek Validasi Tunjangan Profesi Guru/Sertifikasi

Halo teman-teman guru sebangsa dan setanah air Indonesia, kali ini saya membagikan sedikit info tentang sertifikasi nih.

Bagi guru Indonesia entah itu swasta atau PNS tentu sangat mendambakan tunjangan profesi alias sertifikasi. Sertifikasi adalah program pemerintah yang mulai digulirkan tahun 2004.

Guru yang sudah sertifikasi berhak mendapatkan tunjangan sesuai dengan amanah UUD Guru dan Dosen. Saat ini sertifikasi guru harus melalui Pendidikan Profesi Guru baik pra jabatan maupun dalam jabatan.

Saya ucapkan selamat bagi bapak ibu yang sudah lulus sertifikasi atau PPG dan akan mendapatkan tunjangan profesi. Tunjangan profesi adalah hak guru yang sudah berlabel profesional dalam arti ikut serta dan lulus program PPG.

Setelah lulus PPG tentunya kita akan menunggu tunjangan cair bukan?. Nah bagaimana syaratnya agar tunjangan ini cair?. Anda harus cek ke akun dapodik masing-masing untuk melihat valid tidaknya tunjangan profesi.

Oleh sebab itu rajinlah berkomunikasi dengan guru TU di sekolah anda. Selain itu anda juga harus bisa cek akun masing-masing melihat status kevalidan sertifikasi atau melihat rekening mana yang harus dibuat.

Ingat guru yang sertifikasi akan mendapatkan no rekening baru dari pusat, jadi anda harus lihat di dapodik dan membuat rekening baru ke Bank yang sudah direkomendasikan di akun anda. Setiap guru bisa beda lho, ada yang BJB atau BNI kalau yang domisili Jawa Barat.

Berikut ini panduan melihat status valid sertifikasi guru.
1. Pertama login ke akun dapodik SIM PKB anda. Tampilan login seperti di bawah ini.
2. Setelah itu akan akan masuk ke akun dapodik, gulir atau scroll ke bawah dan pilih menu Layanan Info GTK yang warna ungu
3. Anda kemudian akan masuk ke tautan baru seperti di bawah ini. Isi akun login dengan email anda yang sama seperti tercantum di SIM PKB dan password biasanya tanyakan dulu ke TU di sekolah anda.
4. Setelah masukan kode keamanan, kemudian klik Login. Maka akan muncul info tentang dokumen kevalidan sertifikasi sebagai berikut

5. Jika status anda sudah VALID maka anda tinggal menunggu pencairan sertifikasi, tapi ingat harus pergi dulu ke bank yang ditunjuk pemerintah. Caranya scroll ke bawah lalu liat ada menu bank yang ditunjuk, seperti saya BNI. Nah tidak semua BNI tapi ada beberapa bank yang memang ditunjuk khusus untuk melayani sertifikasi ini. Jadi pantau dan komunikasi dengan sesama guru di daerah kamu kuncinya, jangan main sendiri nanti bingung gak tau arah kemana.
Jangan lupa untuk bawa persyaratan yang diminta dan print screen shoot halaman dapodik ini. Ada menu print kanan atas nanti. Kalau tidak bisa, nanti bisa pakai mode screen shoot aj. Klik kanan dan nanti ada screen shoot.

Jadi itulah sedikit tutorial cara melihat valid tidaknya tunjangan profesi guru kita. Selamat bagi yang sudah lulus dan bagi belum mendapat kesempatan, semoga segara mendapatkannya. Jangan menyerah dan tetap semangat memberikan pendidikan bagi anak bangsa. 

Wajib baca: Cara membuka rekening khusus sertifikasi