Penyebab Blog Gagal Disetujui Google Adsense

Halo gan kali ini saya akan coba berikan pengalaman mengapa blog sulit diapprove atau disetujui adsense.

Menjadi publisher adsense tentunya adalah idaman semua blogger maupun youtuber. Akan tetapi benarkan main adsense itu semudah membalikan telapak tangan?.

Ternyata gak segampang itu sobat, bermain adsense itu berurusan dengan konsitensi, pantang menyerah dan passion. Kalau kamu gak kuat mendingan mundur aja deh dan cari jalan rezeki lain daripada stress.

Mungkin kita sering lihat para youtuber dan blogger yang sering pamer ss hasil adsense jutaan bahkan hingga ratusan juta atau milyar. Tapi itu semua tidak mudah dan mendapatkan angka 1 juta saja susahnya minta ampun, apalagi jika blog kalian blog Indo.

Lalu kenapa sih blog saya gagal diapprove google adsense?. Berikut ini rangkuman singkatnya, mudah-mudahan bisa membantu.
Sebab gagal diapprove google adsense
1. Rahasia Google
Nah yang utama adalah approve tidaknya blog atau chanel yt kamu itu urusan rahasia google sendiri, jadi kita memang gak tahu sama sekali aslinya.

Memang di notice seringkali ada arahan tentang memperbaiki template lah, konten lah dan lainnya. Tapi saya rasa kita juga gak tahu aslinya.

Mungkin juga kalau mood google lagi baik ya bisa langsung approve, kalau enggak ya pasti kan gagal terus. Saya dulu dua kali ditolak adsense, setelah perbaikan sana sini di bulan ketiga baru approve. Jadi tugas kita adalah berjuang memperbaiki sebaik mungkin blog kita.

2. Template
Template juga memegang peranan penting loh saat ini apalagi di era mobile sekarang. Blog yang tidak mobile friendly jangan harap diterima adsense.

Cari template yang clean, fast dan mobile friendly alias tampil baik di smartphone. Hampir 80% trafik blog sekarang berasal dari gadget jadi itulah sumber utama pendapatan.

Jika kamu gak mau ribet koding template silahkan cari aja jasa template di google. Banyak designer template Indonesia yang terkenal dan sudah digunakan di banyak blog adsense.

3. Navigasi
Navigasi di blog juga kadang berpengaruh guys, jadi pastikan gak ada banyak menu yang mengarah ke link homepage. Buat menu header yang dinamik yang bagus baik dibuka di versi web atau mobile. Ini sangat diperhatikan google dan saya pernah mengalaminya.

Buat juga halaman provacy, sitemap, discalimer dan contact di footer dengan baik. Kemudahan akses pengunjung terhadap konten blog sangat penting.

4. Niche
Pemilihan niche atau topik juga penting guys. Paling bagus sih kamu cari niche yang berkaitan banyak dengan iklan/advertiser adsense jadi CPC akan tinggi.

Kalau blog pendidikan seperti saya cpc nya kecil. Tapi semua balik lagi ke passion, jika kamu punya passion tinggi di otomotif misal pasti kamu akan mudah menulis tentang topik tersebut.

Niche ber cpc tinggi antara lain: asuransi, keuangan, otomotif, kesehatan, peminjaman, properti. Semakin mengarah ke produk kapitalis maka blog anda akan semakin tinggi cpc nya. Jadi pelajari aja produk-produk kapitalis kekinian, pasti kalian tahu.

Setelah menentukan niche maka langkah selanjutnya adalah menulis konten. Buatlah konten yang lengkap dan menarik. Ada pengalaman teman jumlah artikel banyak tapi jumlah kata sedikit tapi gak diapprove adsense.

Sementara satunya lagi artikel hanya 10 biji tapi kupas lengkap isinya dan akhirnya bisa approve adsense. Jadi kualitas dan detail konten ternyata berpengaruh diterima tidaknya blog menjadi publisher adsense.

5. Domain
Terakhir domain juga kadang berpengaruh. Dulu saya pakai .id dua bulan approve, sementara sekarang ada perubahan katanya domain .id sulit diterima adsense.

Jadi mending pakai .com saja yang aman. Perubahan-perubahan ini memang tidak bisa diprediksi dan kita hanya bisa memantau dan mengikuti saja aturan para kaum kapitalis yang berlaku. Kan kita cuma publisher aja.

Sekian ulasan singkat mengenai sebab blog gagal diterima adsense. Semoga bermanfaat.