po Rangkuman Biologi Kelas 10: Ruang Lingkup Biologi - Guru Geografi
News Update
Loading...

Kamis, Juli 22

Rangkuman Biologi Kelas 10: Ruang Lingkup Biologi

Biologi adalah salah satu ilmu yang penting dalam memahami seluk beluk mahluk hidup di muka bumi. Bagi yang memerlukan rangkuman materi tentang ruang lingkup biologi, silahkan cek di bawah.
 
Bahasan pertama biologi di semester 1 kelas 10 adalah terkait penelitian ilmiah dan ruang lingkup biologi yang menjadi satu kesatuan. Segala hal tentang mahluk hidup dihasilkan dari penelitian-penelitian terhadap komponen mahluk hidup dari yang terkecil hingga terbesar.
 
Jangan lupa untuk like dan share konten blog ini ke teman-teman lainnya ya di grup Wa, telegram dan lainnya. 
1.  Biologi berasal dari kata bio (hidup) dan logos (ilmu), jadi biologi dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang hidup dan kehidupan.
 
2. Objek dari biologi adalah semua makhluk hidup, mulai dari tingkat atom, molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, sampai bioma dan biosfer.

3. Menurut Biological Science Curriculum Study (BSCS), biologi memiliki  objek berupa Kingdom (kerajaan), yaitu Animalia (hewan), Plantae (tumbuhan), dan Protista (makhluk hidup mirip hewan atau mirip tumbuhan).
 
4. Uniseluler ialah makhluk hidup bersel satu dan tidak dapat dilihat secara langsung. Kita dapat melihatnya dengan mikroskop. Fungsi kehidupan dilakukan oleh bagian-bagian penyusun sel itu sendiri.

5. Multiseluler ialah makhluk hidup bersel banyak, dapat dilihat secara langsung tanpa bantuan mikroskop, dan tubuhnya sudah mengalami pembagian tugas yang baik.

6. Eukariotik ialah makhluk hidup yang memiliki membran inti sel sehingga inti sel tidak bercampur dengan sitoplasma (cairan sel).

7. Prokariotik ialah makhluk hidup yang belum memiliki membran inti sel sehingga bahan-bahan inti sel bercampur dengan sitoplasma.
 
8. Heterotrof ialah makhluk hidup yang mengambil bahan organik dari makhluk hidup lain dan  tidak  dapat  membentuk  bahan  organik sendiri.

9. Autotrof ialah makhluk  hidup  yang  dapat  menyediakan  bahan organik  sendiri melalui  proses  fotosintesis. Makhluk  hidup  ini dicirikan dengan adanya  klorofil atau kemampuan  menguraikan
bahan-bahan kimia sebagai energi dalam pembentukan bahan organik.
 
10. Penelitian merupakan salah satu tahap metode ilmiah  yangmenggunakan langkah-langkah yang sistematis dan teratur serta berpikir logis.
 
11. Menurut metodenya, penelitian dapat dibedakan menjadi penelitian deskriptif, penelitian sejarah, penelitian survey dan penelitian eksperimen.
 
12. Tahapan penelitian meliputi permumusah masalah dan hipotesis, penetapan tujuan penelitian, perumusan variabel penelitian, studi pustaka, penentuan metode penelitian, penyajian hasil, pembahasan hasil penelitian, simpulan.
 
13. Dalam melaksanakan penelitian, harus diperhatikan beberapa faktor, yaitu taraf perlakuan, pengendalian faktor lain, pengulangan, dan pengukuran
 
13. Sikap ilmiah seorang peneliti diantaranya mampu membedakan fakta dna opini, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan pendapat, mengembangkan rasa keingintahuan, peduli terhadap lingkungan, berpendapat secara ilmiah dan kritis, berani memperbaiki hasil penelitian, bekerja sama, jujur terhadap fakta lapangan dan tekun.
 
14. Hasil penelitian dapat dikomunikasikan dalam bentuk jurnal, buku, majalah, atau seminar.
Promo Ebook Geografi

Bagikan postingan ini.

Give us your opinion
Buka Komentar
Tutup Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

Notification
Mau info terbaru tentang artikel blog ini?. Like fanspage guru geografi di facebook!.
Done
close