Pembahasan Soal OSK/KSK Kebumian 2019 No 26-30 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Kamis, Maret 24

Pembahasan Soal OSK/KSK Kebumian 2019 No 26-30

Halo kawan-kawan sekalian kita lanjut lagi ya bahas kunci pembahasan soal KSK Kebumian 2019 nomor 26-30. Masih tetap semangat kan untuk berlatih!.

Jangan sampai terlewatkan pembahasan KSN di blog ini. Share ke teman-teman lain di grup medsos teman-teman lainnya.

26. Echosounder adalah peralatan yang digunakan untuk mengukur ...
a. gelombang di laut
b. arus di laut
c. pasang surut di laut
d. salinatas air laut
e. kedalaman air laut

27. Di bawah ini adalah grafik dari seismogram yang terbentuk ketika terjadi gempa bumi. A, B, dan C
adalah jenis gelombang gempa yang terekam oleh alat. Jenis gelombang A adalah…
a. Gelombang Love
b. Gelombang Rayleigh
c. Gelombang P
d. Gelombang S
e. Gelombang Q

Perhatikan gambar untuk soal nomor 28 dan 29 berikut!

28. Struktur geologi yang terdapat pada gambar di atas adalah ...
a. sesar naik
b. sesar turun
c. antiklin
d. sesar geser dekstral
e. sesar geser sinistral

29. Jurus dari struktur geologi tersebut berarah ...
a. Barat-Timur
b. Utara-Selatan
c. Barat Laut-Tenggara
d. Timur Laut-Barat Daya
e. Utara-Barat

30. Perbandingan antara radiasi matahari yang dipantulkan dan radiasi yang datang disebut …
a. transmisivitas
b. absorptivitas
c. albedo
d. hamburan
e. pembiasan

ECEBC
26. Echosounder adalah alat pemancar sonar yang digunakan untuk proses pemeruman(mengukur kedalaman) dalam survei hidrografi, aktivitas pemaruman dilakukan untuk memperoleh gambaran topografi dasar perairan (seabed surface).
Prinsip kerja Echosounder

27. Gempa akan menghasilkan gelombang seismik yang menyebar ke seluruh permukaan bumi. Ada beberapa jenis gelombang seismik. Gelombang yang merambat di dalam Bumi dibagi menjadi dua: gelombang-P (primer) dan gelombang-S (sekunder).

Gelombang-P adalah gelombang longitudinal (arah gelombang search dari arah rambatan), dan dapat menembus semua materi termasuk padat dan cairan.

Gelombang-S adalah gelombang transversal (arah gelombang tegak lurus terhadap arah rambatan). Gelombang ini lebih lambat dari gelombang-P, dan tak dapat menembus semua jenis material semudah gelombang-P. Kedua gelombang ini bermanfaat untuk mendeteksi komposisi lapisan bumi, jadi gak nyelam sampai inti bumi pun kita bisa tahu seperti apa karater inti bumi lewat sifat gelombang seismik ini. Jika dilihat di seismogram maka urutannya sebagai berikut, pastikan tidak tertukar.

28. Dalam penggunaan geologi, sinistral dan dekstral mengacu pada komponen mendatar dari pergerakan blok pada kedua sisi dari sebuah sesar atau rasa gerakan dalam zona geser. Istilah ini adalah istilah dari arah relatif karena gerakan dari blok-blok tersebut dijelaskan relatif terhadap satu sama lain ketika dilihat dari atas. 

Pergerakan tergolong sinistral (tangan kiri) jika blok di sisi lain dari sesar bergerak ke kiri, atau jika blok yang mengangkangi sesar sisi kiri bergerak ke arah pengamat. Gerakan terholonhkan dekstral (tangan kanan) jika blok di sisi lain dari sesar bergerak ke kanan, atau jika blok yang mengangkangi kesalahan sisi kanan bergerak menuju pengamat (sumber: wikipedia). Untuk imajinasinya, silahkan cek gambar di bawah.
Beda sesar sinistral dan dextral
29. Dalam kamus istilah struktur geologi kita harus mengetahui kedudukan batuan di permukaan bumi dengan mengukur arah penyebarannya dan juga kemiringan batuan. Dalam ilmu Geologi, kedua elemen tersebut dinamakan Strike dan Dip. Apa itu Strike dan Dip?

Strike atau Jurus adalah arah garis yang dibentuk dari perpotongan bidang planar dengan bidang horizontal ditinjau dari arah utara. Sedangkan Dip adalah derajat yang dibentuk antara bidang planar dan bidang horizontal yang arahnya tegak lurus dari garis strike. Apa itu bidang planar? Bidang planar adalah bidang yang relatif lurus, contohnya ialah bidang perlapisan, bidang kekar, bidang sesar, dll.

Dalam kasus soal, jurus geologinya mengarah utara-selatan. Lihat simbol mata angin U untuk mempermudah arah gerak patahan.

30. Albedo merupakan sebuah besaran yang menggambarkan perbandingan antara sinar Matahari yang tiba di permukaan bumi dan yang dipantulkan kembali ke angkasa dengan terjadi perubahan panjang gelombang.

Baca Juga

Share with your friends

Yuk Komentar Positif di Blog ini.
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close