Pembahasan Kunci Jawaban OSK IPS 2019 No 1-10 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Senin, Mei 9

Pembahasan Kunci Jawaban OSK IPS 2019 No 1-10

Hai para pejuang OSN SMP IPS se tanah air Indonesia, kali ini kita akan coba bahas tentang kunci jawaban OSK IPS tahun 2019 ya.

Mudah-mudahan bisa membantu adik-adik maupun guru pembimbing dalam menyiapkan pendalaman materi di sekolah.

Jangan lupa untuk like dan share blog ini ke teman-teman lain supaya lebih banyak lagi manfaat yang bisa diberikan blog ini kedepannya.

1. Jenis Angin Fohn yang bertiup dari arah Selatan Cirebon yang menyebabkan nelayan tidak bisa melaut adalah
A. Angin Kumbang
B. Angin Gending
C. Angin Bahorok
D. Angin Wambraw

Kunci
Angin fohn adalah angin yang sifatnya kering dan panas dengan kelembaban udara rendah lalu menuruni lereng pegunungan. Angin fohn ini biasa muncul pada daerah bayangan hujan, jadi pasangannya dengan hujan orografis. Penamaan angin fohn ini di beberapa daerah Indonesia berbeda-beda. Di wilayah selatan Cirebon angin fohn sering dinamai Angin kumbang. Gambar angin fohn ada di bawah (panah merah).

2. Hewan langka di Pulau Kalimantan yang terancam punah akibat pembukaan lahan perkebunan dan perburuan liar adalah
A. Orangutan dan Harimau
B. Gajah dan Orangutan
C. Orangutan dan Bekantan
D. Badak dan Orangutan

Kunci
Fauna endemik langka di pulau Kalimantan adalah orangutan dan bekantan. 

3. Provinsi di Indonesia yang berpotensi besar mengekspor ikan tuna, mutiara, dan rumput laut adalah
A. Maluku dan Nusa Tenggara Barat
B. Jawa Barat dan Nusa Tenggara Timur
C. Kalimantan Tengah dan Sulawesi Tengah
D. Papua dan Aceh

Kunci
Ikan tuna, mutiara dan rumput laut banyak dibudidayakan di wilaya perairan timur Indonesia seperti Maluku dan Nusa Tenggara Barat.

4. Bencana alam likuifaksi berpotensi terjadi pada daerah yang memiliki karakteristik .
A. dataran alluvial dan bekas sedimentasi
B. dekat dengan sumber letusan gunung api
C. dataran rendah yang padat
D. daerah pesisir yang rawan tsunami

Kunci
Likuifaksi adalah proses pencairan tanah akibat adanya getaran seperti gempa di bawah tanah. Potensi likuifaksi terjadi pada wilayah dengan tipe tanah halus seperti dataran aluvial dan bekas sedimentasi. Butir pasit halus memudahkan air untuk bercampur dan teraduk oleh getaran sehingga menyebabkan tanah menjadi seperti bubur dan bangunan di atasnya akan runtuh bahkan tenggelam ke bawah.

5. Skala peta yang memuat informasi paling detil adalah
A. 1 : 100.000
B. 1  : 500.000
C. 1 : 750.000
D. 1: 1.000.000

Kunci
Skala peta adalah perbandingan jarak pada peta dengan jarak sebenarnya di lapangan. Semakin besar angka penyebut skala peta maka semaki tidak detail peta dan sebaliknya semakin kecil angka penyebut skala peta maka kenampakan informasi pada peta semakin detail.

6. Indonesia terletak antara 95° BT — 141°BT dan 6° LU - 11“ LS. Karena letaknya tersebut maka berpengaruh terhadap keadaan alam Indonesia sebagai berikut, kecuali
A. memiliki Iklim Tropis
B. memiliki tiga daerah waktu
C. memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi
D. memperoleh panas matahari sepanjang tahun

Kunci
Letak astronomis Indonesia adalah 95° BT — 141°BT dan 6° LU - 11“ LS. Dampak dari posisi ini adalah terhadap musim, pembagian waktu, dan intensitas penyinaran tinggi sepanjang tahun. 
 
7. Di daerah pegunungan, umumnya petani menanam jenis tanaman palawija. Kondisi lingkungan alam yang mempengaruhi hal tersebut adalah
A. temperatur wilayah pegunungan sangat rendah
B. tanah pegunungan yang sulit menahan air
C. tanah pegunungan yang sangat subur
D. aktivitas gunung berapi yang sangat aktif

Kunci
Daerah pegunungan memiliki kondisi lingkungan berupa tanah yang relatif subur sehingga cocok untuk budidaya palawija. Kalau temperatur wilayah pegunungan itu relatif ada yang dingin dan sangat dingin (rendah). Jika terlalu rendah maka vegetasi sulit berkembang dan tumbuh seperti di daerah pegunungan tinggi.

8. Transportasi laut pada trayek yang ditetapkan oleh pemerintah untuk melayani daerah yang belum atau tidak terlayani oleh angkutan laut karena belum memberikan manfaat komersial disebut .
A. pelayaran nusantara
B. pelayaran lokal
C. pelayaran rakyat
D. pelayaran perintis

Kunci
Pelayaran Perintis adalah pelayanan angkutan diperairan pada trayek-trayek yang ditetapkan oleh Pemerintah untuk melayani daerah atau wilayah yang belum atau tidak terlayani oleh angkutan perairan karena belum memberikan manfaat komersial.

Pelayaran lokal yaitu pelayaran yang digunakan untuk melayani hubungan antara tempat-tempat yang tidak terlalu jauh letaknya antara satu dengan lainnya di dalam satu wilayah. Pada tahun 1982, jumlah kapal yang ada yaitu 1.090 buah dan barang yang dapat diangkut jumlahnya 2.270.966 ton.

Pelayaran nusantara dititik-beratkan pada usaha pengangkutan antar pelabuhan Indonesia tanpa memandang jurusan yang ditempuh, sehingga misalnya pelayaran dari pelabuhan Indonesia kepelabuhan-peabuhan Indonesia lainnya denga menyinggahi Singapura dan pelabuhan-pelabuhan Malaysia termasuk juga pelayaran nusantara.

Pelayaran rakyat merupakan usaha yang dikelola oleh golongan ekonomi menengah ke bawah, yang kebanyakan terdiri dari pengusaha pribumi yang berasal dari Bugis-Makassar, Madura, Mandar, dan Buton.

9. Nelayan tradisional berangkat melaut untuk mencari ikan dengan memanfaat keadaan alam berupa 
A. Angin Darat
B. Angin Laut
C. Angin Lokal
D. Angin Lembah

Kunci
Angin darat adalah angin yang berhembus dari darat ke laut dikarenakan di siang hari daratan lebih cepat melepas panas dibandingkan lautan sehingga suhu di atas daratan cenderung lebih rendah dibanding lautan. Karena suhu di daratan rendah makan tekanan akan lebih tinggi di atas daratan sehingga udara akan mengalir dari daratan ke laut.

10. Kabupaten/Kota yang tidak dilewati oleh aliran Sungai Bengawan Solo adalah ..
A. Kota Surakarta
B. Kabupaten Wanogiri
C. Kabupaten Sukohajo
D. Kabupaten Salatiga

Kunci
Sungai Bengawan Solo tidak melewati kota Salatiga. Lihat peta aliran sungai Bengawan Solo di bawah ini.


Baca Juga

Share with your friends

Yuk Komentar Positif di Blog ini.
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close