Pembahasan Kunci Jawaban KSM Geografi Terintegrasi 2018 No 6-10 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Minggu, Juni 19

Pembahasan Kunci Jawaban KSM Geografi Terintegrasi 2018 No 6-10

Halo kawan-kawan kita lanjut lagi buat bahas soal KSM Geografi Terintegrasi tahun 2018. Jangan lupa untuk selalu share postingan blog ini ke teman-teman lain di kelas.

Soal geografi KSM ini lebih menantang karena memakai tiga bahasa, jadi kalian wajib menguasai bahasa tersebut ya, jangan sampai enggak.

6. Allah menciptakan manusia dan menjadikannya berbangsa-banga dan bersuku-suku supaya saling mengenal. Kelompok suku bangsa Indonesia bersatu dalam satu kesatuan dalam wadah NKRI. Kelompok suku bangsa tersebut adalah...
(A) Lao Yau, Thai, dan Semang
(B) Sakai, Khmer, dan Man
(C) Tho, Muong, dan Melayu
(D) Melanesia, Proto Melayu dan Deutro Melayu

Kunci
Ada 3 kelompok suku bangsa utama yang menghuni Indonesia yaitu Melanesia, Proto Melayu dan Deutro Melayu. Bangsa Proto Melayu datang dari Cina bagian selatan. Ras Proto Melayu diyakini merupakan nenek moyang orang Melayu Polinesia yang tersebar dari Madagaskar hingga ke pulau – pulau di bagian paling timur Pasifik.

Deutero Melayu merupakan ras yang berasal dari daratan Indocina bagian selatan. Ras Deutero Melayu datang ke Indonesia membawa budaya baru berupa perkakas dan senjata besi (kebudayaan Dongson).

Menurut Daljoeni, sekitar 70% dari ras Melanesoid mendiami Papua dan 30% lainnya tinggal di kepulauan sekitar Papua dan Papua Nugini. Ras Melanesoid pada awalnya datang ketika zaman es berakhir yaitu 70000 SM saat kepulauan Indonesia belum berpenghuni. Ketika suhu di bumi mencapai kedinginan maksimal dan air laut menjadi membeku, maka permukaan laut menjadi lebih rendah sekitar 100 m dibandingkan saat ini. 

7. Di dalam Al-Quran Allah melarang manusia berbuat kerusakan di permukaan bumi. Salah satu bentuk kerusakan tersebut adalah pencemaran udara. Pencemaran udara dapat berasal dari industrialisasi. Dampak negatif pencemaran bagi kehidupan adalah...
(A) Banjir
(B) Air tanah memiliki rasa payau
(C) Angin puting beliung
(D) Hujan asam

Kunci
Mengutip U.S. Environmental Protection Agency, proses terjadinya hujan asam adalah ketika sulfur dioksida dan nitrogen oksida dilepaskan ke atmosfer dan diangkut oleh angin dan arus udara. Dua senyawa ini kemudian bereaksi dengan air, oksigen, dan bahan kimia lainnya dan membentuk asam sulfat dan nitrat. Polutan tersebut berasal dari kegiatan industri, kendaraan, dan pembakaran yang disengaja.

8. Gunung berapi merupakan ciptaan Allah yang mempunyai manfaat bagi kehidupan. Di daerah sekitar gunung berapi biasanya banyak mengandung mineral-mineral tertentu. Di antara mineral yang termasuk golongan B (bahan galian vital) adalah…
(A) Batu apung
(B) Emas
(C) Marmer
(D) Minyak bumi

Kunci
Bahan-bahan galian terbagi atas tiga golongan yaitu A (strategis), B (vital) dan C (non vital). Contoh bahan galian B adalah emas, platina, perak, air raksa, intan;

9. Allah hamparkan bumi, namun demikian bentuknya (morfologi) tidak rata. Tinggi dan rendahnya morfologi bumi disebabkan oleh fenomena alam. Salah satu penyebab perbedaan morfologi bumi antara satu tempat dengan tempat lainnya yang berbeda adalah tenaga yang berasal dari keluarnya magma baik di dalam maupun di permukaan bumi. Tenaga pembentuk morfologi bumi tersebut termasuk jenis:
(A) Tektonisme
(B) Seisme
(C) Vulkanisme
(D) Erosi

Kunci
Peristiwa yang berkaitan dengan aktifitas magma yang menerobos dari dalam bumi menuju permukaan bumi disebut vulkanisme. 

10. Apabila pada sungai berstadia dewasa/tua mempunyai dataran banjir yang cukup luas. Lintasan aliran sungai bebentuk tidak teratur. Hal ini disebabkan terjadinya pembelokan aliran yang disebut dengan ...
(A) Kipas aluvial
(B) Meander
(C) Danau tapal kuda
(D) Delta

Kunci
Kelokan aliran sungai disebut meander. Meander lama kelamaan akan membentuk danau tapal kuda (oxbow lake) di beberapa titik. Meander banyak terbentuk di zona sungai bagian tengah menuju hilir.

Evolusi meander sungai
Lanjut: Soal No 11-15 
Baca Juga

Share with your friends

Yuk Komentar Positif di Blog ini.
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close