Pembahasan Kunci KSM Geografi Kota/Kab 2021 No 1-5 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Kamis, Juni 9

Pembahasan Kunci KSM Geografi Kota/Kab 2021 No 1-5

Assalamualaikum teman-teman, kali ini kita coba bahas soal KSM alias Kompetensi Sains Madrasah untuk para siswa MA se Indonesia. Sebelumnya saya udah share soal OSN, kali ini kita bahas yang KSM.

Semoga bisa membantu kalian para pejuang KSM tahun ini ya, dan jangan lupa untuk share postingan ini ke grup teman-teman lain dan nantikan updatenya. Silahkan join grup telegram gurugeografi.id di bawah.

1. Please read carefully a verse from the Quran below!
الَّذِيْ جَعَلَ لَكُمُ الْاَرْضَ فِرَاشًا وَّالسَّمَاۤءَ بِنَاۤءً ۖوَّاَنْزَلَ مِنَ السَّمَاۤءِ مَاۤءً فَاَخْرَجَ بِهٖ مِنَ الثَّمَرٰتِ رِزْقًا لَّكُمْ ۚ فَلَتَجْعَلُوْا لِلّٰهِ اَنْدَادًا وَّاَنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ
The verse above is relate to one of the principle of geography ....
a. description
b. distribution
c. interrelation
d. chorology

Kunci
Petikan ayat di soal itu Surah Al Baqoroh ayat 22, artinya
"(Dialah) yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dialah yang menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia hasilkan dengan (hujan) itu buah-buahan sebagai rezeki untukmu. Karena itu janganlah kamu mengadakan tandingan-tandingan bagi Allah, padahal kamu mengetahui."

Jadi ayat di atas itu mendeskripsikan Kekuasaan Allah menciptakan geosfer sebagai ruang kehidupan bagi mahluk-mahluknya. Jadi prinsip deskripsi.

2. 
Kunci
on progress (kitab gundul susah)

3. Salah satu kewajiban Umat Islam adalah melaksanakan ibadah puasa pada bulan Ramadhan. Pada tahun 2022 yang akan datang, bulan Ramadhan jatuh bersamaan dengan bulan Mei. Pada saat itu, kota-kota berikut yang waktu puasanya paling panjang adalah …
a. Canberra
b. Riyadh
c. Ankara
d. Moscow

Kunci
Pada bulan Mei matahari posisinya ada di atas ekuator. Ini materi yang berkaitan dengan gerak semu tahunan matahari. Bulan Mei kota-kota di belahan bumi utara itu akan mendapatkan malam lebih pendek dibanding siang karena busur siang lebih panjang dibanding malam.

Jadi Moscow adalah kota yang puasanya paling lama di Bulan Mei karena posisinya ada di utara khatulistiwa pada bulan Mei. Kalau misal ditanya kota yg paling pendek durasi puasanya di bulan Mei maka cari aja yang posisinya di selatan ekuator.  

4. Perhatikan peta!

Pada peta di atas dapat dilihat garis dengan keterangan 1, 2, 3, dan 4. Jika garis-garis tersebut menggambarkan aliran sungai, garis manakah yang benar?
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4

Kunci
Kamu harus paham cara menentukan garis kontur yang menjadi penciri itu adalah sungai. Caranya dengan lihat lekukan kontur. Yang benar yang angka 1, silahkan cek ya adik-adik ada bentukan lekukan kontur yang seperti huruf U, itu menujukkan lembah aliran sungai.

5. Jenis simbol yang paling tepat untuk menggambarkan jumlah produksi kedelai di seluruh propinsi di wilayah Indonesia pada tahun 2021 adalah …
a. abstrak
b. geometrik
c. piktorial
d. proporsional

Kunci
Simbol proporsional peta berguna untuk menghadirkan pemahaman yang cukup tepat tentang perbedaan besarnya dalam dataset. Saat nilai numerik untuk setiap kelas meningkat, demikian juga ukuran simbol yang mewakili kelas itu. Ini memungkinkan ukuran simbol dari fitur yang terkait langsung dengan nilai atribut yang diwakilinya di mana titik kecil menunjukkan nilai data kecil dan titik besar menunjukkan nilai data besar, contohnya seperti penggambaran jumlah porduksi kedelai semua propinsi di Indonesia.

Lanjut: Soal No 6-10

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close