Pembahasan Kunci KSM Geografi Kota/Kab 2021 No 6-10 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Minggu, Juni 12

Pembahasan Kunci KSM Geografi Kota/Kab 2021 No 6-10

Assalamualaikum adik-adik, lanjut lagi ya kita bahas kunci jawaban soal KSM Geografi 2021 nomor 6-10. Semoga bisa membantu kalian siswa/i Madrasah Aliyah yang lagi berjuang tahun ini di KSM.

Soal KSM ini pakai 3, jadi mohon maaf kalau soal yang arab gundul saya kurang begitu paham, jadi beberapa soal akan saya skip jawabannya. Silahkan diskusikan saja sendiri dengan teman dan pembimbing di sekolah.

6. Dibandingkan dengan kebanyakan negara lain di dunia, Indonesia merupakan salah negara yang akan menerima dampak sangat dirugikan akibat global warming. Penyebabnya adalah ...
a. Secara geografis terletak di antara dua benua
b. Wilayahnya dikelilingi oleh dua samudera yang luas
c. Wilayahnya berupa kepulauan, terdiri dari ribuan pulau
d. Secara astronomis terletak di daerah tropis yang panas

Kunci
Ini soal analisis lokasi ya gaes. Jadi kan temanya dampak global warming, yaitu peningkatan suhu rata-rata permukaan bumi. Nah dampak global warming ini macam-macam salah satunya di bidang kelautan yaitu mencairnya es kutub sehingga permukaan air laut naik. Jadi jika permukaan air laut naik maka kota-kota di wilayah pesisir akan terancam tenggelam. Indonesia itu kan dikelilingi dua samudera luas jadi pastinya kenaikan muka air laut dua samudera tersebut maka akan berakibat pada potensi tenggelam kota-kota di wilayah pesisir. Ini soal tipe penalaran tingkat lanjut. Kamu harus bisa mengaitkan satu kejadian ke kejadian lain secara logis.

7. Pada suatu saat, temperatur di pantai Jayapura 29⁰ C, sedangkan pada saat yang sama temperatur pada salah satu tempat di Pegunungan Jaya Wijaya 2⁰ C. Berdasarkan data tersebut, berapakah kira-kira ketinggian tempat yang ada di Pegunungan Jayawijaya tersebut adalah ... meter.

Kunci
Ini pakai logika rumus penurunan suhu (gradien termis) di troposfer dimana rumusnya itu kan:
Tx = 26,3⁰ - (h/100 x 0,6⁰)

Keterangan:
Tx = temperatur wilayah yang dicari
26,3⁰ = suhu rata-rata pantai (0 meter), ini bisa diganti menjadi suhu wilayah yang diketahui
h = ketinggian
100 = konstanta
0,6⁰ = lanju penurunan suhu per ketinggian 100 m naik.

Jadi tinggi kita logika aj, Pegunungan Jaya Wijaya itu kan sekitar 4.000 - 5.000 mdpl, maka kita bisa coba pakai angka diantara ketinggan tersebut. Saya menemukan di angka 4.500 mdpl

T ₄₅₀₀ = 29⁰ - (4.500/100 x 0,6⁰)
              = 29⁰ - 27⁰
              = 2⁰ C

8. Cermati ayat Quran berikut:
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يُزْجِيْ سَحَابًا ثُمَّ يُؤَلِّفُ بَيْنَهٗ ثُمَّ يَجْعَلُهٗ رُكَامًا فَتَرَى الْوَدْقَ يَخْرُجُ مِنْ خِلٰلِهٖۚ وَيُنَزِّلُ مِنَ السَّمَاۤءِمِنْ جِبَالٍ فِيْهَا مِنْۢ بَرَدٍ فَيُصِيْبُ بِهٖ مَنْ يَّشَاۤءُ وَيَصْرِفُهٗ عَنْ مَّنْ يَّشَاۤءُۗ يَكَادُ سَنَا بَرْقِهٖ يَذْهَبُ بِالْاَبْصَارِ
Makna ayat di atas antara lain menjelaskan mengenai …
a. manfaat air hujan
b. proses terjadinya hujan
c. fenomena hujan dan petir
d. jenis-jenis hujan

Kunci
Ayat di atas adalah QS. An Nuur ayat 43 yang menjelaskan tentang proses hujan dan petir
"Tidakkah engkau melihat bahwa Allah menjadikan awan bergerak perlahan, kemudian mengumpulkannya, lalu Dia menjadikannya bertumpuk-tumpuk, lalu engkau lihat hujan keluar dari celah-celahnya dan Dia (juga) menurunkan (butiran-butiran) es dari langit, (yaitu) dari (gumpalan-gumpalan awan seperti) gunung-gunung, maka ditimpakan-Nya (butiran-butiran es) itu kepada siapa yang Dia kehendaki dan dihindarkan-Nya dari siapa yang Dia kehendaki. Kilauan kilatnya hampir-hampir menghilangkan penglihatan."

9. Perhatikan foto berikut!
Adaptasi alamiah yang dapat dilakukan untuk mengurangi resiko bencana tsunami pada pantai di atas adalah …
a. Membuat bangunan dan infrastruktur tahan gempa
b. Membuat tanggul beton di sepanjang pantai
c. Memindahkan permukiman di kawasan rawan bencana
d. Menanam tumbuhan mangrove di sepanjang pantai

Kunci
Adaptasi alami berarti tidak membangun infrastruktur bangunan maka paling masuk akal ya menanam mangrove di sepanjang garis pantai untuk meredam efek gelombang tsunami.

10. Bacalah dan cermati ayat Quran berikut!
Jika informasi di atas merupakan satu-satunya dasar untuk mengidentifikasi fenomena yang terjadi, maka ayat di atas menggambarkan bahwa bencana alam yang terjadi adalah berupa …
a. letusan gunung api dan badai
b. gempa bumi dan likuifaksi
c. gempa bumi dan letusan gunung api
d. likuifaksi dan letusan gunung api

Kunci
Surah Hud Ayat 82"Maka ketika keputusan Kami datang, Kami menjungkirbalikkannya (fenomena likuifaksi) negeri kaum Lut, dan Kami hujani mereka bertubi-tubi dengan batu dari tanah yang terbakar (jatuhan piroklastik erupsi gunung api)". Jadi jawabannya D.

Baca Juga

Share with your friends

Yuk Komentar Positif di Blog ini.
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close