Download File Soal Kompetisi Sains Madrasah/KSM 2021 MI, MTs, MA - Guru Geografi
News Update
Loading...

Minggu, Juni 12

Download File Soal Kompetisi Sains Madrasah/KSM 2021 MI, MTs, MA

Di postingan ini saya akan bagian file soal Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tahun 2021 untuk persiapan menjelang KSM 2022. Apa sih sebenarnya KSM itu?. 

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) adalah sebuah ajang berkompetisi dalam bidang sains yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Jadi KSM itu ya tandingannya OSN Kemdikbud ya gaes bahasa gaulnya.

Kompetisi Sains Madrasah diselenggarakan itu mulai dari tahun 2012 hingga tahun 2017 dilakukan secara konvensional dan pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah berbasis teknologi dimulai sejak tahun 2018 sampai dengan sekarang.

Proses pendaftaran dan seleksi administrasi hingga pelaksanaan tes memanfaatkan Teknologi Informasi guna meningkatkan akuntabilitas dan transparansi dalam pelaksanaan kompetisi. 

Soal KSM ini gak hanya pakai bahasa Indonesia saja tapi pakai bahasa Arab dan Inggris. Hal ini karena Madrasah itu sama halnya dengan pesantren jadi ada pelajaran sains, bahasan Inggris dan muatan bahasa Arab. 

Jadi soal KSM ini lebih menantang dibandingkan OSN karena kita dituntut mendalami 3 bahasa sekaligus agar bisa memahami soal. Soal yang Arab gundul itu paling susah menurut saya karena ga ada mahraznya gaes, kalau bukan orang pesantren pasti puyeng itu.

Kompetisi Sains Madrasah 2022 dibuka untuk Satuan Pendidikan baik dari Madrasah (MI,MTs,MA) ataupun dari Sekolah (SD/SMP/SMA Sederajat).

Bagi yang memerlukan soal KSM tahun 2021 lalu, saya upload di bawah, silahkan download saja dan jangan lupa share ke grup teman-teman kalian ya!.

DOWNLOAD DI BAWAH

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close