Proyek Kreatif Geografi: Membuat dan Menganalisis Peta Persebaran Fenomena di MS Excel 2019 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Jumat, Juli 8

Proyek Kreatif Geografi: Membuat dan Menganalisis Peta Persebaran Fenomena di MS Excel 2019


Halo teman-teman, kali ini saya akan berikan contoh kegiatan proyek geografi kurikulum merdeka yang bisa dilakukan di kelas. Pembelajaran berbasis proyek ini sedang booming di era kurikulum merdeka.

Pembelajaran berbasis proyek adalah salah satu ciri khas dari kurikulum merdeka. Pembelajaran berbasis proyek (PjBL) adalah pembelajaran yang menggunakan proyek atau kegiatan sebagai media. Peserta didik melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi, sintesis, dan informasi untuk menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar (Barell, Baron dan Grant dalam Bender, 2012).

Perlu diingat bahwa tujuan atau goal dari pembelajaran proyek tidak hanya harus menghasilkan karya yang wah. Pembelajaran proyek merupakan sebuah rangkaian kegiatan yang terstruktur dimana siswa dapat memahami sebuah masalah kemudian memecahkan masalah tersebut.

Saya sendiri coba cari-cari di youtube dan ketemu salah satu kegiatan yang bisa dilakukan siswa dalam pembelajaran geografi yaitu membuat peta persebaran fenomena dengan menggunakan MS Excel 2019.

Jadi nantinya siswa akan diminta mencari data suatu fenomena misalkan persebaran jumlah keluarga pra sejahtera di kecamatan X atau provinsi atau Indonesia, terserah bapak ibu guru. Data tersebut kemudian akan dirubah menjadi sebuah peta persebaran secara otomatis gaes, gak perlu lagi gambar-gambar lama di kertas.

Hanya dengan menggunakan Excel 2019 kita sekarang bisa membuat peta persebaran dengan sekali klik saja. Yang penting laptop kalian mumpuni dan punya koneksi internet stabil.

Setelah hasilnya keluar maka nanti peta tersebut bisa ditampilkan di depan kelas dan dianalis bersama-sama lalu didiskusikan. Ada banyak fenomena persebaran yang bisa dianalisi dan ini menjadi salah satu kegiatan yang menarik dan bisa dicoba.

Untuk tutorial cara membuat peta persebaran otomatis, silahkan cek di bawah ini. Atau nanti boleh lihat di tautan youtube Guru Geografi (on progress).

1. Cari data suatu fenomena (usahkan data nyata kontekstual), misalnya anda pergi ke BPS, Kelurahan, Kecamatan dll. Ini mendorong siswa agar mampu mencari data secara ilmiah.
2. Buka MS Excel 2019, kalau belum punya silahkan download versi terbaru ya.
3. Isikan data ke kolom di Excel, contohnya di bawah ini. Ini hanya contoh saja ya, jadi gak banyak tapi bisa mewakili.
Proyek geografi kreatif

4. Setelah itu blok semua data yang tadi sudah di ketik dan klik Insert lalu pilih Map, nah ini nanti otomatis data akan diubah ke peta. Ingat nama provinsi harus jelas, gak boleh di singkat karena terhubung online. Jadi kalau misal sama dengan nama di luar negeri nanti bisa berantakan.
Membuat peta persebaran
Merubah data menjadi peta persebaran

Dengan melihat hasil di atas kita sudah bisa belajar tentang bagaimana penggunaan simbol kuantitatif pada peta, gejala persebaran, analisis ruang dan lainnya. Silahkan boleh dicoba di kelas. Jangan lupa share postingan ini ke teman guru lain di grup medsos ya!.

Jadi secara singkat alur Project Based Learningnya secara singkat bisa seperti berikut: (silahkan modif saja sesuai keadaan di sekolah). 

Penulis: Agnas Setiawan, Guru Geografi SMA Unity School Kota Bekasi🙏


MINGGU KEGIATAN REMARK
1 Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok heterogen lalu menentukan tujuan dan timeline projek. Guru dan siswa menentukan jenis fenomena geosfer yang akan dibuat peta persebaran dan dianalisis.
2 Siswa pergi mengunjungi tempat observasi dan mencari data yang dibutuhkan terkait persebaran fenomena (misalnya data jumlah angka putus sekolah di kecamatan A). Bisa juga dengan mencari data di web BPS atau lainnya asal valid dan bukan asal data alias hoax.
3 Siswa secara berkelompok mencoba merubah data statistik hasil observasi lapangan menjadi peta persebaran di MS Excel 2019 lalu dianalisis menggunakan prinsip dan pendekatan geografi atau teori geografi yang relevan. Hasil kerja ditulis dalam bentuk esai/laporan singkat di MS Word
4 Setiap kelompok mempresentasikan hasil telaah, diskusi dan analisis dari peta persebaran terebut untuk ditanggapi di kelas dan menghasilkan suatu gambaran fenomena dan contoh solusinya

Baca Juga Ya!

Baca Juga

Share with your friends

Yuk Komentar Positif di Blog ini.
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close