Langkah-Langkah Analisis Pendekatan Kompleks Wilayah/Kewilayahan - Guru Geografi
News Update
Loading...

Senin, Agustus 1

Langkah-Langkah Analisis Pendekatan Kompleks Wilayah/Kewilayahan

Pendekatan geografi yang ketiga setelah keruangan dan kelingkungan adalah kompleks wilayah atau kewilayahan.

Seringkali siswa bingung mencontohkan pendekatan kewilayahan dalam mengkaji suatu fenomena geosfer.

Lalu bagaimana kita membedakan pendekatan kewilayahan ini dan seperti apa cara menjabarkan dan mendeskripsikannya dalam sebuah tulisan misalnya.

Ada yang mengemukakan bahwa pendekatan kompleks wilayah adalah kombinasi pendekatan keruangan dan pendekatan kelingkungan. Mengapa demikian?.

Kita coba lihat dulu seperti apa definisi dari 'wilayah' atau bahasa kerennya adalah 'region'. Wilayah adalah suatu unit ruang di permukaan bumi yang memiliki karakteristik khas dan dapat dibedakan dengan unit ruang lain.

Jadi dalam suatu wilayah pasti di dalamnya ada komponen-komponen baik biotik dan abiotik yang saling berinteraksi satu sama lain.

Hal tersebutlah yang memicu terjadinya suatu sistem dalam ruang yang menyebabkan terjadinya kompleksitas suatu wilayah.

Kompleksitas wilayah DKI Jakarta tentu akan berbeda dengan kompleksitas wilayah Surabaya. Maka dari itu pendekatan kompleks wilayah akan mengkaji tentang kedetailan suatu wilayah sebagai bagian dari ruang permukaan bumi yang dibatasi oleh suatu unit-unit pembatas tertentu.

Jadi kalau bicara ruang itu masih agak "abstrak", tapi kalau bicara wilayah maka sudah ada "pembatasan" oleh unit-unit tadi seperti batas administratif, atau batas secara kultural, atau batas secara geologi dan lainnya.

Jadi pendekatan kompleks wilayah akan spesifik membahas dan menganalisis identitas suatu wilayah sampai ke akar-akarnya. Dengan begitu kita bisa paham perbedaan karakter masing-masing wilayah.

Perbedaan karakter ini akan berdampak pada strategi pembangunan ke depannya sehingga tidak terjadi kesalahan tata ruang.

Bagaimana contoh tugas geografi untuk melihat penerapan pendekatan kompleks kewilayahan?. Kita bisa meminta siswa untuk membuat sebuah laporan sederhana atau esai. Misalnya seperti ini:

1. Coba buka google map di android atau laptop.
2. Cari lokasi tempat tinggalmu berada.
3. Amati dan observasi via google map versi vektor atau raster.
4. Deskripsikan wilayahmu dalam sebuah tulisan.
5. Komponen wilayah yang ditulisan bisa terkait fitur geografis, kondisi tutupan lahan, jaringan jalan, kemacetan (kalau ada) dan lainnya.

Peta wilayah Jabodeabek dalam kerangka wilayah geografis
Baca Juga

Jangan Lupa Share Artikelnya

Yuk Komentar Positif di Blog ini.
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close