Pembahasan Kunci KSM Geografi Kota/Kab 2021 No 16-20 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Sabtu, Agustus 6

Pembahasan Kunci KSM Geografi Kota/Kab 2021 No 16-20

Halo teman-teman kita lanjut lagi bahas pembahasan soal KSM Geografi 2021 nomor 16-20 ya buat persiapan kalian yang akan menjadi wakil sekolah di KSM Geografi tahun ini.

Jangan lupa untuk selalu share postingan di blog ini ke grup medsos kalian ya di sekolah supaya makin rame blognya dan makin banyak teman belajar. Salam geografi!.

16. Perhatikan gambar!

Berdasarkan wilayah yang digambarkan di atas merupakan contoh pemanfaatan lahan miring tetap produktif dengan melakukan konservasi secara vegetatif yang disebut …

Kunci
Gambar menunjukkan salah satu bentuk konservasi lahan terasering. Terasering itu pembuatan teras tangga pada lahan miring supaya dapat dimanfaatkan untuk kegiatan seperti pertanian. Terasering akan mengurangi laju erosi air.

17. Bentang alam karst memiliki karakteristik yang sangat berbeda dengan bentang alam yang lain. Karstifikasi atau proses pembentukan bentuklahan karst didominasi oleh proses pelarutan. Terkait dengan hal ini, maka dari daerah tersebut di bawah ini yang mengalami karstifikasi paling intensif adalah …
(A) Dataran rendah yang tertutup hutan lebat
(B) Pegunungan yang tertutup hutan lebat
(C) Dataran rendah yang gundul
(D) Pegunungan yang gundul

Kunci
Curah hujan menjadi faktor yang sangat berpengaruh terhadap proses karstifikasi. Karstifikasi hanya terjadi apabila kawasan batuan karbonat terletak pada wilayah dengan curah hujan lebih dari 250 mm/tahun, semakin besar curah hujannya maka proses karstifikasi akan berjalan dengan lebih intensif. Hal ini berarti bahwa proses karstifikasi di kawasan karst Indonesia akan berlangsung dengan sangat intensif karena Indonesia yang terletak di daerah tropis yang memiliki curah hujan tinggi. Karst itu kan terbentuk dari dasar laut yang terangkat sehingga muncul ke permukaan. Jarang ditemuai karst menjulang di daerah pegunungan tinggi. Jadi jawabannya B.

18. Cermati ayat Quran berikut!
Ayat tersebut jika dikaitkan dengan fenomena alam, akan sesuai dengan yang digambarkan sebagai berikut ...
A

B

C

D
Kunci
Ada kata "bahrun' itu kan air laut dan ayat tersebut adalah tentang magma yang keluar dari dasar lautan. Cek di bawah.

19. Perhatikan gambar!

Foto udara di atas menggambarkan irigasi pertanian yang diambil dari wilayah Wadi As-Sirhan di Arab Saudi. Konsep geografi yang berkaitan dengan bentukan melingkar di Wadi As-Sirhan tersebut erat kaitannya dengan konsep …
(A) Diferensiasi area
(B) Nilai kegunaan
(C) Aglomerasi
(D) Pola

Kunci
Gambar di atas adalah citra inderaja pertanian intensif dengan irigasi pivot di daerah gurun pasir. Jadi konsep pola yang tepat. Pola pertanian.

20. Perhatikan ayat di bawah ini dengan saksama!
Makna tersirat dari Q.S Adz-Dzariyat ayat 2 di atas adalah ...
(A) Awan terbentuk dari uap air
(B) Awan dapat mengandung petir
(C) Awan dapat melepaskan kalor
(D) Awan dapat menyerap cahaya matahari

Kunci:
Ini ayat tentang siklus air, jadi lebih ke opsi A. Cek di bawah. Lanjut: Soal No 21-25

Baca Juga Ya!

Baca Juga

Share with your friends

Yuk Komentar Positif di Blog ini.
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close