Pembahasan Kunci KSM Geografi Kota/Kab 2021 No 21-25 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Minggu, Agustus 7

Pembahasan Kunci KSM Geografi Kota/Kab 2021 No 21-25


Halo adik-adik, masih semangat belajar geografi kan?. Yuk kita bahas lagi tentang soal KSM Geografi 2021 nomor 21-25 biar kalian lebih mantap lagi menyongsong KSM tahun ini.

Jangan lupa untuk selalu share postingan di blog ini ke teman-teman lainnya di grup medsos kalian ya!.

21. 

22. Perhatikan surat Ar-Rum ayat 48 di bawah ini dengan saksama!
Ayat tersebut erat kaitannya dengan fenomena …
(A) Proses kolisi
(B) Siklus batuan
(C) Arus laut
(D) Jet stream

Kunci
Kalau dilihat dari arti ayat, lebih cenderung ke Jet Stream. Jet stream adalah fenomena menarik sebab hembusan angin berkekuatan 100 km/jam ini baru bisa terjadi pada kondisi cuaca ekstrem. Salah satunya perbedaan tekanan udara yang sangat ekstrem antara daerah bertekanan udara tinggi dengan daerah bertekanan rendah. Angin yang cukup kencang yang ada dalam jalur sempit di atmosfer.
Aliran udara Jet Stream

23. Pak Budi tinggal di Bandung Indonesia. Setiap kali menunaikan ibadah shalat wajib, beliau selalu mengarahkan sajadahnya ke arah barat laut. Sedangkan Pak Nandi tinggal di Jerman yang mana setiap kali beliau menunaikan shalat wajib, beliau selalu mengarahkan sajadahnya ke arah tenggara. Melihat fenomena ini, kita bisa simpulkan bahwa secara geografis, Masjidil Haram di kota Mekkah sebagai kiblat umat muslim dunia memiliki konsep …
(A) Jarak absolut
(B) Jarak relatif
(C) Lokasi relatif
(D) Lokasi absolut

Kunci
Kalau lihat konsep di paragraf terkait Ka'bah maka bisa dikatakan sebagai lokasi absolut atau mutlak menjadi arah kiblat. Semua arah sujud di pusatkan ke Mekkah, jadi itu adala mutlak perintah Allah SWT.

24. Suatu wilayah terbangun yang tidak sesuai peruntukkannya sehingga seringkali disebut dengan permukiman liar dikenal dengan sebutan permukiman ...

Kunci
Namanya pasti slum area atau pemukiman kumuh di pinggiran kota. Pemukiman liar tumbuh karena arus urbanisasi tinggi yang tidak dibekali skill mumpuni ditambah ketidaseimbangan populasi dengan jumlah lapangan kerja. Di Brazil, pemukiman kumuh seperti ini dinamankan favela yang merupakan pusat kaum-kaum kriminal dan narkotika.

25. Perhatikan bentukan alam di bawah ini dengan saksama!

Bentukan alam tersebut diberi nama yang sama dengan penaklukan wilayah tersebut (sekitar tahun 92 Hijriyah atau tahun 711 Masehi) oleh seorang muslim pada masa kekhalifahan Umayyah. Wilayah tersebut sekarang memiliki nama …
(A) Gibraltar
(B) Soccotra
(C) Madain Saleh
(D) Andalusia

Kunci
Gambar menunjukkan sebuah pulau kecil dengan Gunung Batu yang dulu disebut Jabal Thar, karena sejarah penaklukan oleh Thariq bin Ziyad. Gibraltar telah menjadi dearah perebutan sejak zaman dahulu karena posisinya yang strategis diantara Mediterania dan Atlantik. Hal ini bermula dari pasukan Kekhafilahan Umayyah yang dipimpin oleh Tariq bin Ziyad berhasil menaklukan daerah asal muasal Gibraltar di tahun 771. Setelah dikuasai Spanyol lagi, naman Thariq diubah menjadi Gibraltar.

Baca Juga

Share with your friends

Yuk Komentar Positif di Blog ini.
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close