Pembahasan Kunci KSM Geografi Kota/Kab 2021 No 26-30 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Minggu, Agustus 7

Pembahasan Kunci KSM Geografi Kota/Kab 2021 No 26-30


Halo adik-adik, lanjut lagi kita bahas soal KSM Geografi tahun 2021 nomor 26-30. Jangan lupa untuk like dan share postingan ini ke teman-teman lain di grup medsos kalian.

Tetap semangat dan jangan menyerah sebelum bertanding, persiapkan diri dengan semaksimal mungkin ya!.

26. Sebagian besar para pemain sepakbola di daratan Eropa merupakan para imigran. Ketika pemain tersebut pindah dari tanah kelahirannya, lambat laun budaya, norma dan nilai yang dia kenal di tanah kelahirannya akan melemah bahkan menghilang ketika pindah ke Eropa. Proses ini disebut dengan …
(A) Place utility
(B) Acculturation
(C) Distance decay
(D) Transhumance

Kunci
Saya coba jelaskan satu-satu biar kalian paham:
Transhumance adalah tindakan atau proses memindahkan kawanan ternak ke tempat penggembalaan. Pemindahan hewan atau kawanana ternak ini dipindahkan ke tempat penggembalaan yang berbeda, tergantung pada musimnya

Distance decay atau peluruhan jarak adalah istilah yang digunakan dalam geografi untuk menggambarkan pengaruh jarak pada interaksi spasial atau budaya. Peluruhan jarak berarti interaksi antar penduduk menurun seiring dengan bertambahnya jarak di antara mereka. Dengan kata lain, jika jarak antara dua lokal bertambah, maka interaksinya berkurang.

Kegunaan tempat alias place utility, artinya benda itu memiliki kegunaan setelah dipindahkan tempatnya. Contoh: Pasir yang dipindahkan dari sungai ke toko bangunan.

Akulturasi adalah suatu proses sosial yang timbul jika suatu kelompok manusia dengan kebudayaan tertentu dihadapkan dengan unsur dari suatu kebudayaan asing. Kebudayaan asing itu lambat laun diterima dan diolah ke dalam kebudayaannya sendiri tanpa menyebabkan hilangnya unsur kebudayaan kelompok itu sendiri

Jadi jawabannya lebih ke B.

27. Wabah penyakit pernah melanda umat di zaman Rasulullah saw. dan para sahabat. Penyakit tersebut mengakibatkan timbulnya korban jiwa yang tidak sedikit, hingga Rasulullah saw. memberikan saran sebagai berikut:
Berdasarkan penggalan hadis di atas, pesan yang terkandung erat kaitannya dengan ….
(A) Mewajibkan vaksin penyakit
(B) Melaksanakan karantina wilayah
(C) Menjaga lingkungan tetap bersih
(D) Melaksanakan upaya rehabilitasi

Kunci
Hadist di atas itu tentang karantina wilayah yang artinya:
"Apabila kamu mendengan suatu wabah penyakit menjangkiti suatu negeri, maka janganlah kamu mendatanginya. Sebaliknya jika wabah tersebut terjadi di tempatmu maka jangan keluar dari wilayah kamu". HR Abdurrahman bin Auf.

28. Salah satu alasan mengapa laju pertumbuhan alami di negara berkembang lebih tinggi jika dibandingkan dengan beberapa negara maju adalah ...
(A) Di negara berkembang, penduduk memiliki sedikit anak karena merupakan masyarakat industrial
(B) Di negara maju, penduduk memiliki banyak anak karena merupakan masyarakat pertanian
(C) Di negara berkembang, penduduk memiliki banyak anak karena merupakan masyarakat pertanian
(D) Di negara maju, penduduk memiliki sedikit anak karena anak merupakan aset ekonomi

Kunci
Di negara berkembang mayoritas masyarakat agraris dengan pola pikir yang masih tradisional, kadang irasional dan ideologi banyak anak banyak rezeki. 

29. Surat Al-Balad terdiri atas 20 ayat, diturunkan sesudah surat Qaf. Dinamai Al-Balad, diambil dari perkataan Al-Balad yang terdapat pada ayat pertama surat ini. Yang dimaksud dengan kota di sini ialah kota ….
(A) Madinah
(B) Mekkah
(C) Hijaz
(D) Badar

Kunci
Dinamakan "Al-Balad" yang berarti Negeri diambil dari perkataan "Al-Balad" yang terdapat pada ayat pertama surah ini. Yang dimaksud dengan kota dalam ayat ini ialah kota Mekkah.

30. Negara yang memiliki ekonomi yang lebih maju daripada negara berkembang lainnya, namun tidak sepenuhnya menampakkan tanda-tanda negara maju (dicirikan dengan munculnya industri baru di negara tersebut) dikenal dengan negara …

Kunci
Negara yang memiliki ekonomi yang lebih maju daripada negara berkembang lainnya, tetapi tidak sepenuhnya menampakkan tanda-tanda negara maju dikelompokkan dalam istilah negara industri baru. Peta persebaran negara industri baru cek di bawah ini, dan Indonesia masuk kategori negara industri baru.

Baca Juga

Share with your friends

Yuk Komentar Positif di Blog ini.
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close