Pembahasan Kunci KSM Geografi Kota/Kab 2021 No 31-35 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Senin, Agustus 8

Pembahasan Kunci KSM Geografi Kota/Kab 2021 No 31-35


Halo kawan-kawan sekalian kita bahas lagi nih soal terakhir KSM Geografi 2021, semoga bermanfaat buat para pejuang tahun ini.

Jangan lupa untuk selalu share postingan blog gurugeogafi ke teman-teman di grup medsos kalian.

31. Perhatikan Q.S. Furqan ayat ke 53 berikut ini dengan saksama!
Ayat di atas menjelaskan mengenai ....
(A) Salinitas air laut
(B) Gelombang laut
(C) Arus laut
(D) Temperatur laut

Kunci
Arti ayat Al Furqon 53 seperti di bawah
Dan Dialah yang membiarkan dua laut mengalir (berdampingan); yang ini tawar dan segar dan yang lain sangat asin lagi pahit; dan Dia jadikan antara keduanya dinding dan batas yang tidak tembus. Kemudian Allah menampilkan kembali kemahakuasa-Nya di alam semesta agar manusia merenungkannya.

Yang dihighlite adalah kuncinya, itu menunjukan adanya perbedaan densitas air laut karena perbedaan jenis kadara garam atau salinitas air tawar dengan asin.

32. Teori keruangan yang didalamnya membahas mengenai cara untuk menentukan sebuah lokasi yang cocok untuk pembangunan sebuah industri dengan mempertimbangkan prinsip minimisasi biaya dikenal dengan teori ...

Kunci
Teori Lokasi Alfred Weber. Silahkan cek artikel lengkap di link: Asumsi Teori Lokasi Weber

33. Look at this picture carefully!

This picture shows the route of pilgrimage during the Abbasids caliphate period and after for people of Ash-Sham. Nowadays, Ash-Shams regions including ...
(A) Syria
(B) Egypt
(C) Oman
(D) Yemen

Kunci
Syam sangat terkenal pada zaman Nabi Muhammad sejak era kekhalifahan. Saat ini Syam merujuk pada sejumlah negara di antaranya adalah Lebanon, Palestina, Suriah, dan Yordania. Jadi jawabanya Syiria.

34. Pembuatan peta skala besar melalui teknologi remote sensing, biasanya dilakukan dengan menggunakan ....

Kunci
Peta skala besar itu memuat wilayah yang lebih sempit jadi biasanya menggunakan wahana pesawat.

35. Data diambil dari lapangan seperti data pH tanah, salinitas air, curah hujan, persebaran penduduk, data pasien positif Covid, dan lain sebagainya. Data ini bisa disajikan dalam bentuk peta, tabel, grafik, atau hasil perhitungan saja. Data yang terkumpul tersebut dapat diklasifikasikan sebagai data …

Kunci
Data SIG terbagi menjadi data spasial dan data atribut/tabular. Data tabular/atribut adalah data diskriptif yang menyatakan nilai dari data spasial tersebut. Data spasial adalah data yang menggambarkan bentuk atau kenampakan objek di permukaan bumi (hasilnya berupa grafik permukaan bui atau peta vektor).
Baca Juga

Share with your friends

Yuk Komentar Positif di Blog ini.
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close