Pembahasan OSP Geografi 2018 No 16-20 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Senin, Agustus 8

Pembahasan OSP Geografi 2018 No 16-20


Halo kawan-kawan, yuk kita lanjut lagi bahas kunci soal OSP Geografi 2018 buat kalian yang sedang berjuang di OSN Geografi Provinsi.

Jangan lupa untuk selalu share postingan di blog ini ke teman-teman lainnya ya. Salam geografi.

16. Fenomena mengeringnya Laut Aral di Asia Tengah merupakan salah satu bencana lingkungan terburuk yang pernah terjadi dalam sejarah modern. Pengeringan Laut Aral disebabkan oleh
a. Pemanasan global yang menyebabkan peningkatan temperatur dan menguapkan semua air di Laut Aral
b. Pembangunan saluran drainase dari Laut Aral ke Laut Kaspia yang membuang semua air di Laut Aral
c. Pengambilan air besar - besaran oleh masyarakat di sekitar Laut Aral untuk keperluan domestik 
d. Proyek irigasi ambisius oleh Pemerintah Uni Soviet di masa lalu yang mengalihkan air dari Sungai Amu Darya dan Syr Darya untuk kepentingan pertanian skala besar
e. Proyek pembendungan Sungai Ob dan Sungai Volga oleh Pemerintah Uni Soviet untuk pembangunan pembangkit listrik tenaga air

Kunci
Ini soal OSK Geografi ya gaes. Laut Aral di Uni Soviet menyusut karena proyek irigasi raksasa Uni Soviet di tahun 1960an. Mereka membangun jaringan irigasi yang sangat besar, termasuk 20.000 mil kanal, 45 bendungan, dan lebih dari 80 waduk, semuanya untuk mengairi ladang kapas dan gandum yang luas di Kazakhstan dan Uzbekistan. 

Namun sistem irigasi itu bocor dan tidak efisien, sungai-sungai mengering sampai tetes terakhir. Dalam dekade berikutnya, Laut Aral berkurang menjadi beberapa danau kecil, dengan volume gabungan yang sepersepuluh ukuran danau asli dengan kadar garam lebih tingg, karena semua menguap.

17. Bakteri nitrifikasi berpartisipasi dalam siklus nitrogen melalui ....
a. pengubahan gas nitrogen menjadi amonia
b. pelepasan amonium dari senyawa organik sehingga mengembalikannya ke tanah
c. pengubahan amonia menjadi gas nitrogen yang kembali ke atmosfer
d. pengubahan amonium menjadi nitrat yang diserap tumbuhan
e. penggabungan nitrogen ke dalam asam amino dan senyawa-senyawa organik

Kunci
Bakteri nitrifikasi akan mereduksi amonia dan merubahnya menjadi nitrit dan nitrat yang tidak begitu toksik bagi udang. Sedangkan bakteri denitrifikasi dapat mengubah nitrat menjadi gas nitrogen (N2) yang dapat lepas ke udara. Jadi jawabannya D. Lihat urutan siklus nitrogen di bawah.
Siklus nitrogen

18. Jika hasil pengamatan atas sebuah populasi menunjukkan anggota-anggota populasi tersebut tersebar secara seragam pada suatu lingkungan hal ini mengindikasikan ....
a. ukuran daerah yang ditempati populasi meningkat
b. sumber daya tersebar secara tidak merata
c. anggota populasi berkompetisi memperebutkan akses ke sumber daya
d. anggota populasi tidak saling memikat atau menolak
e. densitas populasi rendah

Kunci
Struktur yang di akibatkan oleh penyebaran organisme di alam dan organisme tersebut membentuk sebuah interaksi dengan lingkungannya dapat disebut dengan pola distribusi (Odum, 1994, hlm. 191). Distribusi atau dispersi adalah pola penjarakan antara individu dalam perbatasan evolusi. Pola penjarakannya atau pola distribusi paling umum dibagi menjadi tiga yaitu :

Pola distribusi bergerombol atau berkelompok (clumped), yaitu individu-individu hidup mengelompok dalam lingkungan dan sumber makanan yang tidak pernah seragam.
2. Pola pola distribusi seragam (uniform), atau berjarak sama, akibat dari interaksi antara individu-individu dalam populasi.
3. Pola distribusi acak (random), penjarakan yang tidak bisa diprediksi), posisi individu tidak bergantung pada individu lain, pola ini terbentuk jika tidak ada gaya tarik atau tolak kuat di antara individu-individu dalam suatu populasidan apabila faktor fisik dan kimiawi relatif homogen di seluruh bagian areal penelitian (Campbell, 2010, hlm. 355).

Jadi jika anggota populasi seragam dan tersebar pada suatu wilayah maka bisa dikatakan anggota populasi akan berkompetisi memperebutkan akses ke sumber daya. Misal satu lingkungan itu ada populasi kucing semua. Nah itu pasti semua kucing punya mangsa yang sama (satu sumber daya tujuan). Maka mereka akan memperebutkan sumber daya yang sama.

19. Di antara hal-hal berikut ini yang dianggap sebagai contoh proses bioremediasi adalah: 
a. Penambahan mikroorganisme pemfiksasi nitrogen ke ekosistem yang rusak untuk meningkatkan ketersediaan nitrogen. 
b. Menggunakan buldoser untuk meratakan kembali lubang bekas galian pertambangan. 
c. Mengidentifikasi hotspot keanekaragaman hayati baru. 
d. Mengonfigurasi ulang saluran sungai. 
e. Menambahkan biji tumbuhan pengakumulasi kromium ke tanah yang tercemar oleh kromium.

Kunci
Bioremediasi mengacu pada segala proses yang menggunakan mikroorganisme seperti bakteri, fungi (mycoremediasi), yeast, alga dan enzim-enzim yang dihasilkan oleh mikroba tersebut untuk membersihkan atau menetralkan bahan-bahan kimia dan limbah secara aman dan salah satu alternatif dalam mengatasi masalah lingkungan. Berarti jawabannya adalah A.

20. Pernyataan di bawah ini yang bertentangan dengan prinsip Sustainable Agricultural System adalah: a. Pertanian diusahakan dapat menguntungkan secara ekonomi, agar masyarakat memiliki motif yang kuat untuk melakukan kegiatan pertanian. 
b. Kegiatan pertanian dapat dipertanggungjawabkan secara ekologi. 
c. Menggunakan sistem kolektivisasi agar hasil pertanian dapat dikontrol dan merata. 
d. Menggunakan kearifan lokal; kegiatan pertanian disesuaikan dengan budaya daerah setempat 
e. Menggunakan bahan-bahan organik yang ramah lingkungan

Kunci
Lebih ke jawaban A karena disana lebih fokus kepada nafsu ekonomi, yaitu mendapatkan keutungan sebesar-besarnya.
Baca Juga

Share with your friends

Yuk Komentar Positif di Blog ini.
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close