Contoh Soal SIMAK UI Geografi Level HOTS + Kunci Part 2 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Sabtu, Oktober 15

Contoh Soal SIMAK UI Geografi Level HOTS + Kunci Part 2


Lanjut lagi ya gaes kita bahas kunci soal SIMAK UI part 2 yang bisa menjadi acuan bagi kalian yang lagi ngincar kursi di PTN terbaik Indonesia.

Jangan lupa untuk selalu pantengin blog gurugeografi.id dan share blognya ke grup medsos teman-teman kalian.

36. Pada interpretasi citra satelit terdapat jenis tanaman yang mempunyai tajuk berbentuk bintang, berpola tidak teratur, dan bersitus air payau. Tanaman tersebut adalah ...
(A) kelapa.
(B) kelapa sawit.
(C) bambu.
(D) enau.
(E) sagu

Kunci
Ini proses interpretasi citra ya gaes. Jadi kalau diketahui unsur spasial citra:
- bentuk = tajuk bintang
- pola = tidak teratur
- situs = air payau
Maka kemungkinan simpulannya, objek di atas adalah pohon sagu. Sagu biasa hidup di perairan air payau. Cek gambarnya di bawah ini:
Sagu
37. Banjir adalah gejala alam yang disebabkan oleh tingginya curah hujan, terbatasnya daya tampung sungai, dan buruknya penataan ruang wilayah. Gejala meluasnya banjir di permukiman merupakan interelasi antara objek geografi ...
(A) litosfer dan biosfer.
(B) atmosfer dan antroposfer.
(C) hidrosfer dan antroposfer.
(D) atmosfer dan biosfer.
(E) litosfer dan hidrofer

Kunci
Ini berkaitan dengan objek material geografi. Banjir itu bagian dari lapisan apa saja?. Pastinya atmosfer (karena berasal dari curah hujan) kemudian buruknya tata ruang (ini antroposfer atau manusia). 

38. Kemiringan tanah dan ketersediaan air merupakan faktor pembatas dalam budi daya pertanian di daerah tropis.
SEBAB
Budi daya pertanian padi melalui teknik terasering bertujuan untuk mengurangi erosi tanah.

Kunci
Faktor pembatas budidaya itu maksudnya batas-batas jenis pertanian di suatu wilayah itu dipengaruhi apa saja?. Kalau di daerah tropis maka kemiringan dan kondisi ketersediaan air yang membatasinya. Ingat ada klasifikasi kelas kemampuan lahan kan?. Itu terdapat batas-batas kelerengan yang berdampak pada pola penggunaan lahan pertanian.

Budidaya terasering itu untuk mengurangi erosi tanah. Tapi antara pernyataan dan alasan tidak berkaitan. Jadi pernyataan dan alasan benar tapi tidak menunjukkan sebab akibat.

39. Pulo Gadung adalah kawasan industri yang sangat terkenal di Jakarta. Pada kawasan ini, industri
memiliki hubungan saling ketergantungan yang tinggi dan letak yang saling berdekatan. Hal ini bertujuan agar pengelolaan limbah dapat dilakukan bersama.
SEBAB
Limbah merupakan masalah yang harus diatasi oleh pengelola industri karena merupakan persyaratan dalam memasuki era perdagangan bebas yang menekankan pentingnya pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan.

Kunci
Sudah jelas ya, kawasan industri itu dibangun agar memudahkan manajemen industri dalam satu wilayah. Salah satunya adalah manajemen limbah yang mana dalam konsep pembangunan berkelanjutan, semua industri harus memiliki prinsip zero pollution.

40. Beberapa gejala yang dapat terjadi mulai dari dasar danau atau waduk sampai ke permukaan airnya adalah ...
(1) kandungan oksigen terlarut semakin tinggi.
(2) variabilitas suhu tinggi.
(3) keragaman hayati semakin meningkat.
(4) konsentrasi bahan hasil erosi semakin besar

Kunci
Kandungan oksigen terlarut pada air dapat bertambah dari proses fotosintesis yang dilakukan oleh organisme fotoautotrof seperti tumbuhan air. Jadi kalau di perairan danau banyak tumbuhan baik di atas permukaan maupun di bawah maka itu memengaruhi oksigen terlarut.

Variabilitas suhu itu perubahan suhu dari dasar danau hingga permukaan. Lapisan paling akan lebih hagat dibanding di bawahnya karena intensitas panas matahari dominan di atas permukaan. Keragaman hayati semakin tinggi jika banyak sumber makanan di perairan.

Konsentrasi bahan hasil erosi semakin besar di dasar danau akibat pengendapan dari aliran sungai atau sumber lain seperti limbah yang lama-kelamaan turun ke dasar danau.

Jadi semua jawaban benar.

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close