Contoh Soal SIMAK UI Geografi Level HOTS + Kunci Part 4 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Senin, Oktober 31

Contoh Soal SIMAK UI Geografi Level HOTS + Kunci Part 4

Halo kawan-kawan, kita coba bahas lagi ya contoh soal SIMAK UI Geografi dan pembahasannya. Jangan lupa untuk selalu pantengin blog ini.

Untuk mengerjakan soal SIMAK UI ini harus memiliki wawasan luas dan daya nalar yang tinggi ya. Jadi perbanyak latihan soal kalian.

1. Dampak yang sering mengiringi terbentuknya awan cumulonimbus adalah kerusakan benda elektronik akibat terjadinya ... .
(A) angin puting beliung
(B) kilat dan guntur
(C) hujan sangat lebat
(D) angin kencang
(E) suhu sangat dingin

Kunci
Awan Cb atau kumulonimbus adalah awan vertikal yang sering mengakibatkan terjadinya cuaca buruk seperti badai disertai curah hujan, angin kencang dan petir. Kalau kerusakan benda elektronik berarti berkaitan dengan kilat dan guntur. Kilat bisa merusak transmiter sinyal di bumi.

2. Munculnya Gunung Krakatau di perairan Selat Sunda mengakibatkan laut di sekitar gunung tersebut mengalami fenomena yang disebut ... .
(A) transgresi
(B) ingresi
(C) ekspresi
(D) depresi
(E) regresi

Kunci
Laut regresi adalah laut yang mengalami penyempitan atau pengangkatan daratan yang luas. Laut regresi dominan terbentuk pada zaman dilluvium (pleistosen). Temperatur bumi yang dingin saat itu mengakibatkan air laut membeku dan permukaan air laut turun sampai 60 meter.

Dalam kasus di Selat Sunda (mikro), Lerusan krakatau membuat munculnya pulau baru alias pengangkatan daratan, jadi termasuk dalam fase regresi.

3. Daerah pusat usaha (CBD) di Indonesia selalu ditandai dengan keberadaan ... .
(A) bangunan perkantoran
(B) bangunan rumah sakit
(C) bangunan industri
(D) bangunan pertokoan dan pasar
(E) bangunan sekolah

Kunci
CBD (Central Bussiness District) adalah daerah pusat kegiatan yang biasanya didominasi kegiatan ekonomi macam toko-toko dan pasar-pasar. 

4. Pergerakan arus Laut Kuroshio ke arah utara dari Kepulauan Filipina disebabkan oleh ... .
(A) pengaruh angin pasat
(B) dorongan angin barat
(C) pertemuan arus panas dan arus dingin
(D) penyimpangan arus dingin
(E) pengaruh daratan

Kunci
Arus Kuroshio bergerak dari Filipina ke arah utara dikarenakan ada hambatan berupa daratan. Jadi arus Kuroshio itu adalah kelanjutan arus khatulistiwa utara yang hangat. Lalu menyusuri Filipina sampai pantai timur Jepang dan berbelok ke timur di lintang 35 derajat ke Pasifik karena pengaruh angin barat.


5. Distribusi penduduk di kawasan Tiongkok dan Asia Tenggara bervariasi antara wilayah yang satu
dengan yang lainnya. Daerah-daerah yang kepadatan penduduknya relatif tinggi di Tiongkok dan Asia Tenggara berada di ... .
(A) dataran tinggi pedalaman
(B) dataran rendah pedalaman
(C) dataran fluvial dan delta
(D) dataran rendah pantai
(E) dataran rendah aluvial

Kunci
Daerah padat penduduk di wilayah Tiongkok dan Asia Tenggara berpusar di daerah dataran fluvial dan delta-deltas Sungai besar seperti Sungai Yangtse, Mekong, Jakarta, Guangzhou dan lainnya.

Daerah delta sungai dan fluvial ini sangat subur sehingga sangat menarik bagi penduduk untuk diusahakan berbagai budidaya.
Baca Juga

Jangan Lupa Share Artikelnya

Yuk Komentar Positif di Blog ini.
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close