Kunci Evaluasi Erlangga Biologi Kelas 10 SMA/MA Ruang Lingkup Biologi [PG+Esai] - Guru Geografi
News Update
Loading...

Minggu, Oktober 16

Kunci Evaluasi Erlangga Biologi Kelas 10 SMA/MA Ruang Lingkup Biologi [PG+Esai]


Halo para biologi mania, kali ini saya coba bagikan kunci jawaban Evaluasi Erlangga Biologi kelas 10 Bab Ruang Lingkup Biologi versi K13 ya.

Peran biologi dalam kehidupan sangat banyak termasuk diantaranya menolong manusia dari wabah penyakit dan kelaparan. Namun reayasa genetika dan pengembangan lainnya seperti pestisida dan senjata biologi dapat mengancam kehidupan di masa depan.

Kunci jawaban evaluasi erlangga biologi ini tidak mutlak sepenuhnya benar, silahkan baca lagi dan kroscek dengan teman kalian. Jangan percaya dengan satu sumber jawaban.

A. PILIHAN GANDA
1.B 2.D 3.C 4.B 5.A 6.E 7.C 8.D 9.B 10.B 11.B 12.C 13.D 14.D 15.A 16.C 17.B 18.D 19.D 20.B 21.E 22.A 23.D 24.B 25.E 26.B 27.A 28.E 29.B 30.B 31.A 32.A 33.E 34.A 35.E 36.D 37.B 38.C 39.A 40.E 

B. ESAI 1
1. Proses penelitian
1. Pengamatan, contohnya mengamati perbedaan bentuk mahkota bunga mawar.
2. Pertanyaan, contohnya mengapa mahkota bunga mawar dalam satu pot tanaman tidak sama?.
3. Hipotesa, conothnya perubahan suhu lingkungan memengaruhi perkembangan mahkota bunga.
4. Prediksi, contohnya jika suhu lingkungan stabil maka mahkota bunga cenderung berukuran sama.
5. Eksperimen, contohnya menguji pertumbuhan mawar dalam laboratorium dengan suhu yang ideal.

2. Pertama segera basuh kulit dengan air mengalir selama 15 menit. Jangan gunakan bahan pelarut untuk membersihkan kulit. Bahan-bahan pelarut tersebut aka menghilangkan minyak alami pelindung kulit dan akan menyebabkan iritasi dan radang.

3. Genetika adalah cabang ilmu biologi yang akan mempelajari segala macam hal mengenai gen, materi genetik (DNA dan RNA), dan pewarisan sifat dari induk kepada keturunannya dan persilangan gen. Anatomi mempelajari tentang struktur tubuh dalam dari makhluk hidup. Histologi adalah sebuah cabang ilmu biologi yang akan mempelajari tentang jaringan pada makhluk hidup, seperti jaringan epitelium, jaringan pengikat, jaringan penyokong, jaringan saraf, dan masih banyak lagi. Botani mempelajari tentang tumbuhan meliputi jenis, struktur, persebaran, dan klasifikasinya disebut dengan botani. Zoologi adalah cabang biologi yang memiliki studi mengenai kehidupan hewan.

4. Untuk mengatasi masalah flu burung maka ilmu yang diperlukan antara lain:
- Patologi, untuk mengetahui tentan seluk beluk penyakit.
- Zoologi, untuk mengetahui tentang per hewanan.
- Histologi, untuk mengetahui jaringan hewan apa saja yang terinfeksi oleh virus flu burung.

5. Fisika mempelajari tentang sifat-sifat mekanika sinar cahaya yang bisa digunakan dalam radiologi, sehingga nantinya mampu memberikan gambaran jelas tentang organ dalam tubuh manusia saat digunakan.

C. ESAI 2
1. Cabang biologi yang diterapkan untuk membuat yoghurt adalah Mikrobiologi. Mikrobiologi adalah cabang biologi yang mempelajari mikroorganisme. 

Bakteriologi: cabang biologi yang mempelajari bakteri Bioteknologi: cabang biologi yang mempelajari tentang pemanfaatan makhluk hidup untuk menghasilkan barang dan jasa yang berguna bagi manusia.

2. Karena bioma itu memiliki kenampak vegetasi dan fauna yang unik, berbeda-beda tiap jenisnya. Misalnya di bioma gurun tentu akan berbeda dengan hutan hujan. Rantai makanan bioma gurun akan lebih minim dan tidak sekompleks di hutan hujan.

3. Dilansir dari wikipedia, Tanaman transgenik adalah tanaman yang telah disisipi atau memiliki gen asing dari spesies tanaman yang berbeda atau makhluk hidup lainnya. 

Penggabungan gen asing ini bertujuan untuk mendapatkan tanaman dengan sifat-sifat yang diinginkan, misalnya pembuatan tanaman yang tahan suhu tinggi, suhu rendah, kekeringan, resisten terhadap organisme pengganggu tanaman, serta kuantitas dan kualitas yang lebih tinggi dari tanaman alami. 

Sebagian besar rekayasa atau modifikasi sifat tanaman dilakukan untuk mengatasi kebutuhan pangan penduduk dunia yang semakin meningkat dan juga permasalahan kekurangan gizi manusia,  sehingga pembuatan tanaman transgenik juga menjadi bagian dari pemuliaan tanaman. 

Hadirnya tanaman transgenik menimbulkan kontroversi masyarakat dunia karena sebagian masyarakat khawatir apabila tanaman tersebut akan mengganggu keseimbangan lingkungan (ekologi), membahayakan kesehatan manusia, dan memengaruhi perekonomian global.

4. Paleontologi adalah ilmu yang mempelajari kehidupan praaksara. Paleontologi mencakup studi fosil untuk menentukan evolusi suatu organisme dan interaksinya dengan organisme lain beserta lingkungannya. Dengan paleontologi kita bisa melihat evolusi perkembangan fisik hewan dan tumbuhan dari masa lalu hingga sekarang.

5. Bisa saja, karena ilmu pengetahuan bersifat tentatif alias tidak permanen. Selama ada penemuan baru dengan teknologi baru maka teori lama bisa terbantahkan dan diganti oleh teori yang lebih baru dan sesuai dengan kondisi saat ini.
Baca Juga

Jangan Lupa Share Artikelnya

Yuk Komentar Positif di Blog ini.
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close