Kunci Jawaban Evaluasi Erlangga Geografi Kelas 11 Bab 3 Sebaran dan Pengelolaan SDA Indonesia - Guru Geografi
News Update
Loading...

Rabu, Desember 7

Kunci Jawaban Evaluasi Erlangga Geografi Kelas 11 Bab 3 Sebaran dan Pengelolaan SDA Indonesia


Bagi yang mencari kunci jawaban evaluasi buku paket erlangga geografi, kali ini saya akan coba bagikan contoh kunci untuk bab 3 sumber daya alam.

Sumber daya alam adalah segala sesuatu bersifat materi yang bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraan manusia di bumi.

Dalam pengelolaannya, sumber daya alam harus dieksploitasi berdasarkan kaidah pembangunan berkelanjutan agar tidak cepat habis.

Sumber daya alam ada yang sifatnya terbatas dan ada juga yang melimpah. Saat ini dunia sudah mulai gencar mengembangkan energi baru terbarukan ramah lingkungan.

Ingat untuk baca materi sebelum menyalin kunci di bawah ini karena belum tentu 100% benar. Budayakan kroscek literasi, selain hanya mengcopy jawaban agar kalian mendapatkan nutrisi otak juga.

I. PILIHAN GANDA
1.d 2.e 3.a 4.b 5.d 6.a 7.a 8.c 9.a 10.e 11.a 12.d 13.b 14.b 15.e 16.b 17.d 18.c 19.d 20. (skip)

II. Isian
1. pemulihan/regenerasi
2. terbarukan
3. mineral 
4. sabana
5. 120.773.441,71 ha
6. kayu gergajian, barecore, veener, kayu lapis
7. padang lamun
8. Analisis Mengenai Dampak Lingkungan, suatu kajian mengenai dampak penting suatu proyek terhadap lingkungan hidup.
9. pembangunan berkelanjutan adalah pembangunan untuk memenuhi kebutuhan generasi sekarang tanpa mengurangi kemampuan generasi masa depan untuk memenuhi kebutuhannya.
10. KTT Dunia

III. Esai
1. Menurut jenisnya sumber daya alam dibagi menjadi sumber daya alam materi, sumber daya alam energi dan sumber daya alam ruang. Sumber daya materi berbentuk fisik yang bisa dgimanfaatkan seperti batu, tanah, emas, kayu, ternak. Sumber daya energi berupa energi yang bisa dimanfaatkan seperti batubara, minyak bumi, gas, angin. Sumber daya ruang berupa suatu area yang bisa dimanfaatkan seperti lahan pekarangan, rumah dan lainnya.

2. Jenis hutan yang berkembang di Indonesia:
- Hutan hujan tropis adalah hutan belantara yang memiliki biodivertsiat tinggi, kelembaban tinggi, sinar matahari jarang tembus permukaan, relatif subur. Sebaran terdapat di Sumatera dan Kalimantan.
- Hutan musim adalah hutan campuran dengan curah hujan antara 1.500-4.000 mm, dan pada saat kemarau daunnya meranggas. Sebaran terdapat di Jawa dan Nusa Tenggara.
- Hutan hujan pegunungan adalah hutan yang pohonnya selalu hijau, kerapatan tinggi, lembap. Sebaran ada di Sumatera, Sulawesi, Papua, Kalimantan.
- Hutan sabana adalah hutan yang didominasi kelompok semak belukar diselingi rerumputan. Curah hujan relatif rendah. Sebaran di Nusa Tenggara dan Pulau Timor.
- Hutan Rawa adalah hutan yang tumbuh pada daerah aluvial yang selalu tergenang. Akar-akar pohon terendam air, tajuknya tipis dan ketinggiannya bisa 50-60 m. Sebaran di pantai timur Sumatera dan selatan Kalimantan dan Papua.

3. Minyak bumi di Sumatera, Jawa, Kalimantan, Papua, Maluku, Sulawesi.
Batu bara di Kalimantan, Sulawesi, Papua, Sumatera.
Emas di Papua, Kalimantan, Nusa Tenggara, Jawa, Sulawesi
Timah di Bangka Belitung
Intan di Kalimantan
Pasir Besi di Sumatera, Lombok, Sumbawa, Sumba, Flores, Timor

4. Potensi pariwisata Indonesia meliputi wisata alam, budaya dan buatan. Wisata alam memanfaatkan potensi kondisi fisiografis wilayah seperti bahari, ekowisata, backpacker. Wisata budaya adalah perjalanan untuk mengunjungi tempat yang memilii nilai kebiasaan, adat, cara hidup, seni dan budaya yang unik. Wisat buatan adalah wisata memanfaatkan hasil pembangunan manusia/dibuat dengan teknologi seperti taman hiburan.

5. Pokok strategis Agenda 21 Indonesia adalah:
- pelayanan masyarakat di bidang pengentasan kemiskinan, perubahan pola konsumsi, dinamisasi kependudukan, pengelolaan dan penginkatan kesehatan, pengembangan perumahan pemukiman, sistem perdagangan global, instrumen ekonomi serta neraca ekonomi dan lingkungan terpadu.
- pengelolaan limbah yang mencakup perlindungan atmosfer, pengelolaan bahan kimia beracun, pengelolaan limbah bahan berbahaya dan beracun, pengelolaan limbah radioaktif dan pengelolaan limbah padat dan cair.
- pengelolaan sumber daya tanah yang memuat pentatagunaan sumber daya tanah, tata kelola hutan, pengembangan pertanian di pedesaan dan pengelolaan sumber daya air.
- pengelolaan sumber daya alam yang mengutamakan konservasi keanekaragaman hayati, pengembangan bioteknologi, serta pengelolaan terpadu wilayah pesisir dan lautan.
Baca Juga

Jangan Lupa Share Artikelnya

Yuk Komentar Positif di Blog ini.
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close