Cara Meningkatkan BPK/CPC Iklan Adsense Blog - Guru Geografi
News Update
Loading...

Rabu, Januari 25

Cara Meningkatkan BPK/CPC Iklan Adsense Blog


Awal tahun adalah masa suram para blogger khususnya blog Indonesia karena nilai CPC atau BPK pasti anjlok drastis.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi besar kecilnya bid CPC adsense blog di awal tahun. Alasan paling rasional adalah para pengiklan masih belum jor-joran bakar uang karena sudah habis di akhir tahun.

Kita tidak punya pilihan selain bersabar CPC normal kembali di triwulan atau kuartal kedua. Yang penting tetap konsisten meningkatkan kualitas blog kita. 

Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi CPC blog anjlok:

1. Memilih topik blog dengan kata kunci bernilai tinggi atau High Paying Keyword (HPK). HPK blog ada di kisaran tema uang seperti keuangan, asuransi, bank, forex, saham, produk otomotif dan elektronik. Selain itu niche kesehatan juga lumayan tinggi di beberapa niche spesifik.

2. Mengatur penempatan iklan dan ukuran iklan harus responsive. Pasang iklan di dalam artikel yang potensial untuk banyak di klik visitor. Gunakan juga fitur auto ads untuk mempermudah.

3. Update postingan terus setiap hari dan cari topik yang sedang trending atau viral untuk memperbanyak visitor. 

4. Perbaiki SEO blog yang dirasa belum optimal dan perbaiki kecepatan loading blog agar pengunjung semakin betah membaca blog anda.

5. Blok iklan yang dirasa memilki CPC kecil, namun di triwulan awal nampaknya trik ini tidak berlaku karena aka mengurangi tampilan iklan di blog anda. Namun kalau mau eksperimen silahkan saja karena setiap blog punya karakter yang berbeda.

6. Membuat blog bule alias bahasa Inggris dengan targeting visitor negara berpendapatan tinggi. Ini membutuhkan riset dan topik yang memang mumpuni karena anda akan bersaing dengan blog luar negeri yang sudah mapan. 

Ingat lagi bahwa penurunan CPC iklan adsense di awal tahun itu normal dan semua blogger apalagi yang sudah gajian tiap bulan pasti paham polanya.

Oleh sebab itu bagi yang sudah punya satu blog dengan visitor tinggi maka disarankan untuk membangun blog lainnya. Artinya anda tidak memasukan income ke satu keranjang. Ini untuk antisipasi keadaan iklan anjlok di awal tahun.

Dengan memiliki blog lebih dari satu maka potensi kehilangan income bisa diminimalisir dan anda tetap bisa gajian di awal tahun meski CPC blog kecil.

Itulah seni blogging dan pentingnya literasi dan memahami fundamental blog dari A sampai Z agar tidak cepat frustasi saat terjadi penurunan terhadap trafik dan pendapatan blog.
Baca Juga

Jangan Lupa Share Artikelnya

Yuk Komentar Positif di Blog ini.
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close