Contoh Soal Esai HOTS Geografi Untuk Ujian Akhir Sekolah (US) - Guru Geografi
News Update
Loading...

Rabu, Januari 25

Contoh Soal Esai HOTS Geografi Untuk Ujian Akhir Sekolah (US)

Ujian akhir sekolah akan dilaksanakan di semester genap kelas 12 sekitar bulan April. Tentunya ujian ini akan mengukur seberapa baik hasil belajar siswa selama 3 tahun mengeyam pelajaran.

Dalam kurikulum pelajaran geografi, siswa diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan-permasalahan geosfer dengan menggunakan pendekatan geografi yang tepat.

Beberapa topik dapat dijadikan acuan untuk membuat soal tipe HOTS agar mampu melihat bagaimana penalaran anak dalam menjawab soal.

Berikut ini contoh beberapa soal HOTS yang bisa digunakan dalam ujian sekolah geografi. Silahkan untuk diedit atau ditambahkan jika dirasa perlu karena saya juga kadang kurang teliti dalam mengotak-atik data soal.

1. Jelaskan dampak perubahan iklim bagi pertanian di daerah dataran rendah!

2. Jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan pariwisata di wilayah pegunungan!

3. Perhatikan peta di bawah ini!
Mengapa negara bertanda X dapat menjadi negara dengan angka kemakmuran tinggi di dunia?. Kemukakan faktor-faktor penyebabnya!

4. Semua jenis tanah berasal dari bahan induk batuan yang mengalami pelapukan. Kemukakan dua contoh tanah yang berkembang dari batuan induk organik!

5. Perhatikan peta berikut!.
Gambar di atas menunjukan peta aliran sungai yang membelah kota Jakarta. Deskripsikan contoh upaya penanggulangan/mitigasi banjir di Jakarta baik secara struktural maupun non struktural yang dianggap bisa dilakukan berdasarkan kondisi peta di atas!.

6. Klasifikasi iklim Junghuhn adalah sistem klasifikasi iklim klasik yang menggunakan indikator kecocokan antara suhu dan vegetasi budidaya. Menurut anda apakah saat ini sistem klasifikasi iklim tersebut relevan untuk digunakan sebagai acuan dalam kegiatan pertanian?. Uraikan pendapatmu!.

7. Sebagai negara tropis, Indonesia memiliki rata-rata curah hujan tinggi termasuk di pulau Sumatra. Curah hujan dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti evaporasi, ketinggian dan gangguan cuaca seperti siklon. Mengapa curah hujan di wilayah pantai barat Sumatra lebih tinggi dibandingkan wilayah timur. Uraikan disertai alasan logis dan dengan gambar/peta!.

8. Mr. Bono adalah seorang kaum urban yang berprofesi sebagai digital marketer di salah satu perusahaan terkenal kota Jakarta. Ia memiliki penghasilan di atas UMR kota Jakarta yaitu 10 juta per bulan saat ini. Saat ini dia ngekost di wilayah sekitar tempat kerjanya yang berjarak kurang lebih 500 m. Ia berencana untuk membeli rumah di pinggiran kota Jakarta yang masih berkisar di angka 200-400 jutaan per unit, namun masih memikirkan anggaran untuk akomodasi dan lainnya ke tempat kerja mengingat perumahan-perumahan kini banyak dibangun radius rata-rata 20 km dari pusat kota Jakarta. Pertanyaan:
a. Kemukakan keuntungan dan kerugian Mr. Bono jika membeli rumah di wilayah satelit/pinggiran berdasarkan case di atas!.
b. Kemukakan rencana/plan terbaik menurut kamu berdasarkan data di atas agar Mr. Bono dapat memilih/menentukan keputusan dengan tepat dengan resiko terkecil!. 
Baca Juga

Jangan Lupa Share Artikelnya

Yuk Komentar Positif di Blog ini.
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close