Faktor Yang Mempengaruhi Kepadatan Penduduk - Guru Geografi
News Update
Loading...

Senin, Januari 30

Faktor Yang Mempengaruhi Kepadatan Penduduk


Kepadatan penduduk adalah salah satu masalah di perkotaan yang perlu mendapatkan perhatian serius dari semua pihak.

Manusia semakin lama semakin bertambah populasinya semenjak berakhirnya Perang Dunia. Hal ini berdampak pada semakin padatnya wilayah perkotaan.

Lantas apa saja faktor yang mempengaruhi tingkat kepadatan penduduk?. Berikut beberapa diantaranya:

Pertumbuhan penduduk: tingkat kelahiran yang tinggi dan tingkat kematian yang rendah akan menyebabkan pertumbuhan penduduk yang cepat dan meningkatkan kepadatan penduduk. Pertumbuhan penduduk yang tinggi dipicu juga oleh beberapa fenomena seperti pernikahan usia dini, tidak menjalankan KB atau kehamilan di luar nikah.

Urbanisasi: perpindahan penduduk dari daerah pedesaan ke daerah perkotaan akan menyebabkan peningkatan kepadatan penduduk di kota-kota. Faktor kurangnya lapangan kerja di desa memaksa penduduk desa untuk mengadu nasib di kota yang memiliki beragam jenis profesi.

Pembangunan infrastruktur: fasilitas seperti jalan, transportasi, dan perumahan yang baik akan menarik penduduk untuk tinggal di suatu daerah dan meningkatkan kepadatan penduduk di sana. Manusia membutuhkan berbagai infrastruktur atau utilitas penunjang dalam kehidupannya. Semakin banyak utilitas maka penduduk akan semakin ramai di daerah tersebut karena kebutuhan hidupnya terpenuhi.

Ekonomi: tingkat ekonomi yang tinggi akan menarik penduduk untuk tinggal di suatu daerah dan meningkatkan kepadatan penduduk di sana. Aneka sumber penghidupan seperti industri, supermarket, mall dan akses ekonomi lainnya membuat orang semakin banyak berdatangan ke suatu wilayah.

Politik: kebijakan pemerintah yang mengizinkan atau mendorong perpindahan penduduk dari satu daerah ke daerah lain dapat mempengaruhi kepadatan penduduk di daerah tersebut. Program transmigrasi salah satunya akan meningkatkan jumlah penduduk di wilayah tujuan.

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close